13 Masalah di iOS 11 dan Cara Mengatasinya

13 Masalah di iOS 11 dan Cara Mengatasinya – Banyak masalah yang terjadi di iOS 11 telah dibenahi dengan keluarnya update iOS 11.1, Namun platform milik Apple tersebut tetap tidak sempurna.

Bug masih dialami oleh beberapa pengguna. Berikut sejumlah masalah yang masih terjadi di iOS 11 dan bagaimana cara menanganinya (troubleshooting).

1. Pengaturan kamera iOS 11 yang terus berubah

Pengaturan kamera akan diatur ulang segera setelah pengguna menutup aplikasi kamera default. Ini tentu sangat menyebalkan. Untuk memperbaikinya, buka Settings>Camera > Preserve Settings. Ini adalah fitur yang sudah diperkenalkan di iOS 10 dan uga ada di iOS 11. Pengguna dapat menyimpan mode seperti video atau square), filters and studio lighting effects dan live photos.

2. Tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi

Beberapa pengguna melaporkan jika iPhone mereka tidak bisa terkoneksi ke jaringan Wi-Fi pribadi. Untuk menyelesaikan masalah ini yaitu dengan menyetel ulang perangkat, menyetel ulang router Wi-Fi, atau memilih forget the Wi-Fi network lalu mencoba menyambungnya kembali.

Pengguna juga dapat mengatur ulang pengaturan jaringan perangkat dengan membuka Settings > General > Reset > Reset Network Settings. Tidak usah khawatir sebab setelan ini tidak menghapus apapun pada perangkat. Namun bila masih juga belum berhasil, disarankan untuk downgrade ke iOS 10 untuk sementara waktu dan menunggu pembaharuan dari Apple.

3. Beberapa aplikasi hilang atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya

Jika pengguna masih menggunakan beberapa aplikasi lama tanpa memperbaruinya (baik karena Anda tidak memperbaruinya atau karena pembuat konten tidak memberikan versi terbaru), perangkat mungkin tidak bekerja dengan baik dengan iOS 11. Aplikasi yang masih dibuat dengan basis 32-bit, tidak akan kompatibel dengan iOS 11. Untuk itu pengguna harus memilih aplikasi mana saja yang sudah kompatibel dengan iOS 11.

4. Memori iPhone tiba-tiba terisi file

Pengguna telah melaporkan bahwa pembaruan ke iOS 11 menyebabkan penambahan file sistem di perangkat sampai hampir penuh. Masalah ini tampaknya tidak terkait dengan aplikasi tertentu, namun hanya penyimpanan yang dibutuhkan oleh sistem iOS 11. Pengguna bisa memasang backup yang dimiliki atau menunggu iOS 11.1.

5. Tombol Home lambat mengaktifkan perangkat

Beberapa pengguna perangkat Apple melaporkan bahwa setelah memperbarui OS iPhone lama mereka ke iOS 11, lockscreen membeku selama sekitar 10 detik, kemudian lambat muncul. Kemungkinan sistem operasi terbaru masih menyesuaikan diri dengan perangkat dan file yang ada. Tapi jika ini terjadi lebih dari seminggu, pengguna disarankan untuk mengembalikan setelan menggunakan backup atau menunggu pihak Apple memberikan pembaharuannya.

6. Masa pakai baterai singkat

Tampaknya setiap versi baru iOS selalu mempengaruhi kekuatan baterai dari iPhone versi lama. Jika daya baterai habis lebih cepat yang bukan disebabkan oleh penggunaan yang intens, beberapa penyebab mungkin menjadi akar masalahnya. Beberapa aplikasi lama mungkin saja tidak sesuai dengan iOS 11. Pengguna dapat memastikannya dengan membuka Settings > Battery dan cek aplikasi mana yang mengkonsumsi baterai paling besar.

Jika ada aplikasi yang jarang digunakan ternyata menguras daya baterai, lebih baik aplikasi itu dinonaktifkan sampai mendapatkan pembaruan untuk iOS 11. Pengguna pun bisa mematikan fitur GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth saat tidak digunakan. Pengguna juga harus menurunkan tingkat kecerahan layar dan menonaktifkan aplikasi yang bekerja di latar belakang atau merefresh dengan masuk ke Settings > General > Background App Refresh.

7. Perangkat terlalu panas

Ada banyak alasan mengapa perangkat Apple terlalu panas, salah satunya adalah keluhan setelah melakukan pembaruan perangkat lunak. Memang menggunakan OS yang lebih baru seperti iOS 11 maka akan membuat perangkat bekerja lebih keras.

Anda bisa mengatasi overheating ini sementara waktu dengan mematikan perangkat, menjauhkannya dari sinar matahari atau sumber panas lainnya (seperti meletakkan di bagian atas komputer) dan meletakkannya di udara terbuka. Perlu dicatat bahwa pengisian daya perangkat tidak akan membantu mendinginkannya, jadi tunggu hingga dingin untuk kemudian baru dicas kembali.

Namun bila perangkat terus-menerus terlalu panas yang tak seperti biasanya, mungkin saatnya untuk memulihkan cadangan perangkat ke versi sebelumnya. Daya baterai yang cepat habis mungkin menyebalkan, tapi perangkat yang terus-menerus overheating dapat merusak perangkat.

8. Tombol Power tidak berfungsi

Jika ada yang tidak beres dengan pembaruan ke iOS 11 misalnya tombol daya yang mendadak tak berfungsi, pengguna dapat mematikan perangkat melalui menu. Untuk melakukannya buka Settings > General lalu gulirkan layar ke bagian bawah daftar sampai menemukan opsi “Shut Down”. Hal ini sangat berguna jika pengguna mencoba merestart atau mematikan perangkat karena mengalami masalah lainnya, seperti overheating.

9. Perangkat tidak bisa digunakan mengirimkan email lewat Outlook / Exchange

Apple mengakui adanya bug yang memblok beberapa pengguna iOS 11 mengirim email melalui server yang dikelola Microsoft. Pesan kesalahannya menyebutkan ìCannot Send Mail” sebab email ditolak oleh server Microsoft. Bila ini yang terjadi pengguna hanya bisa menunggu sampai Apple dan Microsoft menyelesaikan masalah ini atau menggunakan perangkat lain untuk mengirim email tersebut.

10. Control Center bermasalah

Masalah di iOS 11 dan Cara Mengatasinya

Control Center adalah cara terbaru yang diberikan Apple yang cukup praktis untuk mengendalikan banyak hal dari perangkat. Namun pada iOS 11 terkadang terjadi masalah yaitu tidak memiliki fitur yang diinginkan, atau memiliki fitur yang tidak diinginkan pengguna. Atau mungkin tampilannya berantakan dengan beberapa tool yang menurut tidak disukai pengguna.

Untuk mengatasi masalah Control Center ini pengguna bisa membuka Settings > Control Center > Customize Controls. Sementara Control Center yang terus muncul saat bermain game, pengguna dapat menonaktifkan Control Center ini saat sedang membuka aplikasi lain yaitu dengan membuka Settings > Control Center dan nonaktifkan fungsi untuk mengakses di dalam aplikasi.

11. Dock baru di bagian bawah iPad terus menghilang

Jika pengguna baru saja mendapatkan iOS 11 di iPad yang mereka gunakan mungkin menyukai tampilan Dock baru di bagian bawah layar yang menyimpan aplikasi dan tool-tool favorit. Ini seperti Dock di Mac OS. Namun pengguna mungkin mengalami Dock ini kadang-kadang menghilang. Jangan khawatir, untuk mengembalikannya, yang harus dilakukan yaitu menggulir layar ke bawah jika tidak digunakan.

12. Pesan yang tidak dicadangkan ke iCloud dan penghapusan yang tidak disinkronkan

Jika pengguna melihat semua fitur keren yang ada di iOS 11, mungkin memperhatikan bahwa Apple berencana untuk mempermudah backup pesan di iCloud. Pesan bahkan disinkronkan di seluruh perangkat, sehingga pengguna tidak perlu menghapus rangkaian chat di perangkat Apple yang dimiliki. Namun sayang, jika pengguna ternyata tak menemukan fitur ini di iOS 11, harus sedikit bersabar hingga Apple menambahkannya di update selanjutnya.

13. Tidak bisa menggunakan Animoji

Emoji animasi terbaru yang memungkinkan pengguna memiliki emoji yang meniru gerakan dan ekspresi wajah penggunanya tergantung pada teknologi pengenalan wajah Apple, dan itu hanya tersedia untuk iPhone X. Jika pengguna sangat ingin menggunakan Animoji, satu-satunya cara adalah mengganti perangkat lama dengan iPhone X.