Cara Berbagi Live Location di WhatsApp


Cara Berbagi Live Location di WhatsApp – WhatsApp, yang sekarang dimiliki oleh Facebook, adalah salah satu aplikasi olah pesan terpopuler yang tersedia secara gratis. Ini hampir sepenuhnya menggantikan layanan SMS di seluruh belahan dunia hingga saat ini.

Selain fitur pesan, WhatsApp pun memiliki fitur Call dan Video Call yang bisa digunakan antar sesama pengguna di seluruh dunia. Masih banyak fitur-fitur lain yang juga menarik seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara berbagi Live Location di WhatsApp :

Layanan perpesanan instan WhatsApp yang kini dimiliki oleh Facebook telah menguji fitur Live Location Share sejak bulan Februari tahun ini. Kini, fitur tersebut akhirnya mulai diluncurkan di seluruh dunia. Fitur ini, seperti namanya memiliki fungsi berbagi lokasi pengguna dan membiarkan pihak lain melacaknya secara real time.

Perlu dicatat bahwa WhatsApp sudah memiliki fitur berbagi ‘Current Location‘ tapi itu adalah fitur sekali pakai dan orang lain tidak dapat melacak lokasi pengirim saat mereka berpindah.

Fitur ‘Live Location Share‘ dapat diakses dengan mudah dari dalam aplikasi. Namun fitur itu mungkin belum tersedia bagi semua pengguna di seluruh dunia karena peluncurannya bersifat bertahap. WhatsApp mengatakan bahwa fitur tersebut tersedia di dua platform yaitu Android dan iOS.

Bingung bagaimana cara mengaksesnya? Lihat cara berbagi Live Location di WhatsApp berikut ini :

Langkah 1:

Buka aplikasi WhatsApp di Android atau di iOS.

Langkah 2:

Sentuh ikon ‘Attachment’ pada bilah kolom pengetik.

Langkah 3:

Berikutnya sentuh fitur ‘Location’.

Langkah 4:

Sentuh opsi “Live Location Share”.

Langkah 5:

Atur time frame di mana orang lain dalam obrolan atau grup dapat melacak Anda. Tiga pilihan tersedia – 15 menit, 1 jam dan 8 jam.

Fitur terenkripsi end-to-end memungkinkan pengguna bisa mengontrol siapa saja yang bisa diajak berbagi dan berapa lama waktunya. Pengguna dapat memilih untuk berhenti berbagi kapan saja atau membiarkan Live Location Timer habis. Perlu diketahui bahwa saat berbagi lokasi, pengguna lain di grup tersebut dapat melihat anggota lainnya di bawah map yang telah berbagi lokasi langsung dengan mereka.

Pengguna dapat berbagi lokasi sekaligus dengan beberapa pengguna lain. WhatsApp ‘Live Location’ adalah fitur penting kedua yang diluncurkan layanan perpesanan cepat ini setelah aplikasi Bisnis WhatsApp. Aplikasi Bisnis WhatsApp ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan berkomunikasi dengan pelanggannya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang tidak ada dalam aplikasi WhatsApp reguler.

Cara memblokir seseorang di WhatsApp :

WhatsApp memang layanan yang hebat, siapa pun dengan memiliki nomor telepon orang lain bisa mengirim pesan melalui aplikasinya. Meski di satu sisi sangat memudahkan pengguna lain namun di sisi lain pengguna yang dikirimi pesan pun bisa terganggu.

Terlebih bila pesan-pesan yang dikirimkan bersifat spam. Sebagai salah satu pengguna, kita tentu ingin menghentikan spam atau orang tak dikenal bisa mengirimkan pesan dengan membloknya. Bila kita memblokir seseorang di WhatsApp maka :

– Pesan yang mereka kirimkan kepada kita tidak akan terkirim.
– Mereka akan melihat bahwa pesan tidak disampaikan, tapi tidak akan tahu sebabnya.
– Mereka tidak dapat lagi melihat informasi Terakhir Online kita.
– Pesan yang mereka kirim tidak akan dihapus.
– Pesan yang telah kita kirim tidak akan dihapus.
– Kita tidak akan dihapus sebagai kontak di telepon mereka.
– Mereka tidak akan dihapus sebagai kontak di telepon Anda.

Berikut cara memblokir pengguna lain di WhatsApp :

1. Untuk memblokir seseorang di WhatsApp untuk perangkat iOS, masuk ke halaman chat dengan orang tersebut dan ketuk nama mereka di bagian atas.

2. Gulir ke bawah dan sentuh Block This Contact. Ketuk tombol Block lagi untuk mengkonfirmasi bahwa kita ingin memblokirnya.

3. Kita juga bisa masuk ke Settings > Account > Privacy > Blocked. Di sini kita akan melihat daftar semua kontak yang diblokir. Ketuk Add New dan cari kontak yang ingin kita blokir. Pilih kontak yang akan diblokir dan mereka akan ditambahkan ke daftar yang diblokir.

4. Untuk memblokir seseorang di WhatsApp di perangkat Android, buka halaman chat kita dengan orang tersebut dan ketuk tiga titik di pojok kanan atas. Ketuk Block dan konfirmasi. Kini orang tersebut sudah diblokir.

5. Sebagai alternatif, kita dapat membuka Settings > Account > Privacy > Blocked Contacts, ketuk tombol tambah dan cari kontak yang ingin kita blokir.

6. Sementara cara untuk membuka blokir Seseorang di WhatsApp adalah kebalikan dari langkah-langkah di atas. Jika kita mencoba mengirim pesan kepada seseorangyang diblokir maka kita akan diminta untuk membukanya. Ketuk Unblock untuk melakukannya.

7. Kita juga bisa membalik proses yang digunakan untuk memblokir seperti di atas. Masuk ke halaman chat kita dengan orang yang kita blokir. Untuk perangkat iOS, ketuk nama mereka, gulir ke bawah dan ketuk Unblock This Contact. Sementara untuk perangkat Android, ketuk tiga titik lalu ketuk Unblock.

8. Akhirnya, kita bisa masuk ke layar Kontak yang Diblokir. Di perangkat iOS, ketuk Edit, lalu lingkaran merah, lalu Unblock. Sedangkan di Android, ketuk atau ketuk dan tahan nama kontak yang sudah kita blokir dan ketuk Unblock dari menu pop up. Selesai.

Cara mengirim dan menerima pesan WhatsApp dari komputer :

Tidak seperti banyak aplikasi perpesanan lainnya, kita hanya dapat menggunakan WhatsApp pada satu perangkat yaitu smartphone. Jika kita log in di ponsel lain maka kita harus log out dari yang pertama. Selama bertahun-tahun, bahkan tidak ada cara untuk menggunakan WhatsApp di komputer.

Untungnya itu berubah. Untuk menggunakan WhatsApp di komputer, kita memiliki dua pilihan yaitu menggunakan aplikasi web, atau menggunakan aplikasi desktop (versi mandiri dari aplikasi web). Langkah-langkah yang harus dilakukan di kedua saluran tersebut hampir sama entah kita mengakses ke web.whatsapp.com atau mendownload dan menginstal versi terbaru dari aplikasi WhatsApp client untuk Windows atau macOS.

WhatsApp di komputer sejatinya adalah perluasan instan yang berjalan di smartphone dan bukan sebagai aplikasi terpisah. Smartphone kita harus terhubung dan terhubung ke internet agar WhatsApp dapat bekerja di komputer. Tak ada login seperti umumnya, kita perlu memasangkan ponsel ke aplikasi web atau desktop dengan kode QR.

Saat pertama kali membuka aplikasi atau aplikasi web maka kode QR akan muncul. Selanjutnya, buka WhatsApp di smartphone. Untuk perangkat iOS, masuk ke Settings> WhatsApp Web / Desktop. Sedangkan untuk Android, klik tombol menu dan pilih WhatsApp Web. Jika WhatsApp belum memiliki izin untuk mengakses kamera ponsel, kita harus mengijinkannya. Kemudian, pindai kode QR di layar komputer yang kita gunakan.

WhatsApp Client di komputer kemudian akan terhubung ke smartphone kita. Sekarang kita dapat mengirim dan menerima pesan WhatsApp dari komputer. Setelah kita mengaturnya, WhatsApp akan otomatis terhubung setiap kali kita membuka aplikasi desktop atau web.

Jika ingin log out, klik pada menu dropdown icon dan pilih Log Out. Kita juga dapat log out dari semua komputer dan dari aplikasi mobile dengan membuka layar WhatsApp Web dan ketuk “Log out from all computers”. Meskipun layanan WhatsApp dari komputer ini tidak sempurna, namun cukup fungsional dan lebih mudah digunakan daripada aplikasinya di smartphone. Silahkan dicoba!

Cara Berbagi Live Location di WhatsApp

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format