Cara Membuka Kembali Tab Terakhir yang Ditutup di Browser Chrome, Firefox, IE dan Opera


Cara Membuka Kembali Tab Terakhir yang Ditutup di Browser Chrome, Firefox, IE dan Opera – Sebagai pengguna internet lewat browser, Anda mungkin pernah secara tak sengaja menutup tab, lalu menyadari bahwa masih membutuhkan halaman web itu.

Atau Anda ingin membuka halaman web yang Anda kunjungi minggu lalu, namun lupa menandainya. Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan kembali tab browser yang sudah ditutup tadi.

Berikut cara membuka kembali tab terakhir browser yang ditutup dan cara mengakses riwayat penjelajahan dari berbagai browser populer :

1. Google Chrome

Untuk membuka kembali tab terbaru yang ditutup di Chrome, caranya klik kanan pada tab bar dan pilih “Reopen closed tab” dari menu popup. Anda juga dapat menekan Ctrl + Shift + T pada keyboard untuk membuka kembali tab terakhir yang ditutup itu.

Beberapa kali mengklik “Reopen closed tab”, atau menekan Ctrl + Shift + T maka akan membuka tab yang sebelumnya ditutup sesuai urutan penutupannya. Jika Anda tidak dapat mengingat URL atau nama halaman web yang Anda kunjungi minggu lalu, yang ingin dikunjungi lagi, Anda dapat melihat riwayat penjelajahan dengan masuk ke menu Chrome (tiga bilah horizontal) di sudut kanan atas jendela browser.

Kemudian, pilih History > History. Di bawah ìRecently closedî pada submenu, pilih opsi “X tabs” (misalnya, “2 tab”) maka akan membuka tab yang baru saja ditutup di jendela browser baru. Riwayat penjelajahan ditampilkan pada tab baru, dikelompokkan ke dalam periode waktu.

Untuk membuka halaman web dari hari ini, kemarin, atau dari tanggal tertentu sebelumnya, cukup klik link halaman yang diinginkan. Halaman web terbuka pada tab yang sama.

 

2. Mozilla Firefox

Untuk membuka kembali tab terakhir yang ditutup di Firefox, klik kanan pada tab bar dan pilih “Undo Close Tab” dari menu popup. Dapat juga dengan menekan Ctrl + Shift + T pada keyboard. Beberapa kali memilih “Undo Close Tab”, atau menekan Ctrl + Shift + T akan membuka tab yang sebelumnya ditutup sesuai urutan penutupannya.

Untuk membuka kembali tab atau halaman web tertentu yang telah ditutup, klik tombol menu Firefox (tiga bilah horizontal) di sudut kanan atas jendela browser. Kemudian, klik ikon “History”. Menu History ditampilkan. Klik pada halaman web untuk membukanya di tab saat ini.

Perhatikan bahwa tab yang baru ditutup juga tercantum di bawah Restore Closed Tabs. Kita juga bisa mengklik “Restore Closed Tabs” untuk mengembalikan semua tab yang tertera di bawah judul menuju tab baru di jendela browser saat ini.

Bila kita lupa nama atau URL untuk halaman web yang telah dikunjungi minggu lalu dapat melihat riwayat penjelajahan di Firefox menurut periode waktu di bilah samping. Untuk melakukannya, klik tombol menu Firefox dan pilih “View History Sidebar” dari menu drop-down History.

Di bilah samping History, klik ìLast 7 daysî untuk melihat semua laman web yang Anda kunjungi dalam minggu terakhir. Klik pada situs untuk melihatnya di tab saat ini. Kita juga dapat melihat daftar halaman Web yang telah kita kunjungi di bulan sebelumnya dan lebih lama dari enam bulan.

Sidebar History tetap terbuka sampai kita menutupnya dengan menggunakan tombol “X” di pojok kanan atas panel. Kita juga dapat mengakses riwayat penjelajahan di kotak dialog dengan mengklik ìShow All Historyî pada menu History. Di panel kiri, pada kotak dialog Library, kita dapat mengakses riwayat penjelajahan berdasarkan periode waktu dan kemudian klik dua kali pada sebuah situs di panel kanan untuk membukanya di tab yang aktif.

Jika kita ingin membuka semua tab yang telah dibuka di sesi penjelajahan terakhir, pilih “Restore Previous Session” dari menu “History”. Tab dibuka di jendela penjelajahan saat ini dan ukuran jendela diubah ukurannya pada sesi penjelajahan terakhir, jika ukurannya berbeda.

 

3. Opera

Untuk membuka kembali tab terakhir yang ditutup di peramban Opera, klik kanan pada tab bar dan pilih “Reopen last closed tab” dari daftar drop-down atau tekan Ctrl + Shift + T pada keyboard. Beberapa kali memilih Reopen last closed tab, atau menekan Ctrl + Shift + T akan membuka tab yang sebelumnya ditutup sesuai urutan penutupannya.

Kita juga dapat mengklik tombol Menu Tab di sudut kanan atas jendela browser dan klik ìRecently closedî untuk memperluas daftar tab yang baru ditutup. Klik pada nama halaman web yang ingin dibuka kembali di tab baru di sebelah kiri (bukan kanan) dari tab saat ini.

Jika kita ingin membuka kembali halaman web yang telah dibuka sebelumnya hari ini, kemarin, atau sebelum itu, klik tombol Menu Opera di sudut kiri atas jendela browser dan pilih “History” dari menu drop-down. Laman Riwayat ditampilkan dengan tautan yang diatur menurut tanggal. Untuk membuka kembali halaman web, cukup klik di dalamnya dalam daftar. Halaman akan terbuka pada tab baru di sebelah kanan tab History.

4. Internet Explorer

Untuk membuka kembali tab yang paling baru ditutup di Internet Explorer, klik kanan pada tab dan pilih “Reopen closed tab”, atau tekan Ctrl + Shift + T pada keyboard. Berulang kali memilih menu tersebut atau menekan Ctrl + Shift + T akan membuka tab yang sebelumnya ditutup sesuai urutannya.

Jika kita ingin memilih dari daftar tab yang baru ditutup, klik kanan pada tab manapun dan pilih “Recently closed tabs” dan kemudian pilih halaman web yang ingin dibuka kembali dari submenu. Kita juga dapat membuka semua tab yang ditutup dari sesi saat ini pada tab baru dengan memilih ìOpen all closed tabsî.

Pilihan untuk membuka tab yang baru ditutup hanya tersedia bila kita mengklik kanan pada tab, bukan pada ruang kosong pada tab bar. Kita juga dapat membuka kembali tab yang ditutup dari halaman Tab Baru. Untuk melakukannya, buka tab baru dan klik tautan ìReopen closed tabsî di pojok kiri bawah laman Tab Baru. Pilih tab dari menu popup atau pilih “Open all closed tabs” untuk membuka kembali semua tab yang ditutup pada sesi saat ini.

Jika kita lupa dengan nama dan URL laman web yang pernah dikunjungi minggu lalu, dan ingin membukanya lagi, kita dapat melihat riwayat penjelajahan di Internet Explorer berdasarkan periode waktu di bilah History.

Untuk melakukannya, klik tombol “View favorites, feeds, and history” di pojok kanan atas jendela browser, atau tekan Alt + C di keyboard. Klik tab “History” dan pilih kerangka waktu yang sesuai saat kita mengunjungi halaman web yang ingin dibuka kembali.

Lihatlah daftar yang ditampilkan dan klik pada halaman web yang ingin dibuka kembali. Kita juga dapat dengan mudah membuka kembali semua tab dari sesi penjelajahan terakhir di Internet Explorer 11. Untuk melakukannya, kita perlu menampilkan bilah perintah, jika belum aktif. Klik kanan pada bagian kosong dari tab bar dan pilih “Command bar” dari menu popup.

Klik tombol “Tools” pada Command bar dan pilih “Reopen last browsing session” dari menu drop-down. Tab dari sesi browsing terakhir dibuka pada tab baru di jendela browser saat ini.

Cara Membuka Kembali Tab Terakhir yang Ditutup di Browser Chrome, Firefox, IE dan Opera

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format