Cara Mendownload dan Menginstal Windows 10

Cara Mendownload dan Menginstal Windows 10 – Windows 10 adalah versi terbaru dari sistem operasi Microsoft yang dibuat berdasarkan versi sebelumnya terutama Windows 7 dan Windows 8.1. Windows 10 menghadirkan berbagai fitur baru dengan antarmuka yang dirubah dibanding OS sebelumnya.

Pengguna yang ingin beralih ke sistem operasi ini boleh jadi sudah berpengalaman dengan Windows versi lama, namun antar muka yang baru mungkin membuat sedikit bingung. Bahkan Windows 10 pun sudah mengeluarkan Fall Creators Update dengan fitur-fitur yang banyak dinanti. Berikut tips, trik dan panduan memaksimalkan Windows 10 bagi para pemula.

1. Cara mendownload dan menginstal Windows 10

Sebelum mempelajari cara menggunakan Windows 10, pertama-tama Anda perlu mendownload dan menginstalnya jika komputer Anda belum terpasang sistem operasi terbaru ini. Kabar baiknya yaitu Microsoft telah membuat upgrade Windows 10 gratis untuk mereka yang memiliki Windows 7 atau Windows 8.1. Jadi jika Anda selama ini telah menggunakan versi Windows 7 atau Windows 8.1. maka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli installer Windows 10.

Sebelumnya harus dipastikan bahwa komputer Anda siap untuk menerima upgrade Windows 10, termasuk menggunakan Windows 10 Upgrade Advisor, membuat drive recovery, membuat cadangan file penting dan beberapa lainnya. Hal tersebut untuk memastikan bahwa upgrade ke Windows 10 bisa berjalan dengan mulus. Jika Anda tidak yakin tentang upgrade, mari kita jelaskan mengapa Anda harus mendownload Windows 10 sekarang juga.

– Cek aplikasi Get Windows 10

Saat komputer sudah siap mendownload dan menginstal Windows 10, aplikasi Get Windows 10 akan muncul di area notifikasi pada taskbar yaitu di sudut kanan bawah layar. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk memesan copy Windows 10 dan pihak Microsoft tahu bahwa Anda tertarik untuk melakukan upgrade.

– Download Windows 10 via Windows Update

Setelah link unduhan Windows 10 muncuk namun Windows tidak mendownloadnya secara otomatis, buka Windows Update. Anda dapat melakukannya dengan mengetik “Windows Update” di Start Menu Windows 7 atau Start Screen Windows 8.

Halaman yang muncul akan menampilkan link Windows 10 yang siap untuk didownload dan diinstal. Langkah ini akan mendownload dan menginstal Windows 10 sebagai upgrade dari versi Windows sebelumnya. Langkah ini akan mempertahankan file dan pengaturan yang ada tetap tak berubah. Anda pun bisa melakukan clean instal Windows 10 via USB atau DVD.

2. Mendownload dan menginstal Windows 10 Fall Fall Creators Update

Windows 10 Fall Creators Update adalah perombakan besar pada Windows 10 yang membawa sejumlah fitur baru yang hebat sehingga membuat sistem operasi terbaru Microsoft ini lebih baik dari sebelumnya. Windows 10 Fall Creators Update memiliki fitur-fitur baru yang lebih baik untuk Windows 10 dan ini benar-benar gratis.

Windows 10 Fall Creators Update membawa dukungan untuk Windows Mixed Reality headset, serta peningkatan fitur privasi, pilihan aksesibilitas yang lebih baik dengan antarmuka yang baru. Anda dapat secara resmi mendownload versi terakhir Windows 10 Fall Creator Update menggunakan Update Assistant.

Kunjungi situs Windows 10 Update Assistant di https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10 dan klik ‘Update now‘. Setelah didownload, jalankan, lalu pilih ‘Update Now‘. Komputer akan restart beberapa kali selama proses ini. Komputer pun akan diperbarui dengan Windows10 Fall Creators Update sementara semua file dan pengaturan tak akan mengalami perubahan.

3. Cara meng-upgrade ke Windows 10 secara gratis

Windows 10 tidak lagi ditawarkan sebagai upgrade gratis namun tetap ada cara untuk tetap mendapatkan Windows 10 secara gratis. Sebelum batas waktu yang ditentukan pengguna yang memiliki Product Key Windows 7 atau Windows 8 bisa meng-upgrade ke Windows 10 secara gratis di https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10.

Jika ternyata setelah beberapa saat penggunaan tidak menyukai Windows 10 ini, mereka bisa melakukan downgrade kembali ke versi Windows sebelumnya. Akan tetapi mereka tetap dapat mengupgrade secara gratis di kemudian hari jika mereka mengubah pikiran mereka.

4. Cara dual boot Windows 10

Jika Anda tidak cukup yakin dengan Windows 10 dan ingin menjalankannya di samping sistem operasi lain seperti Windows 8.1 atau Linux, Anda bisa membuat multiboot Windows 10, yang memungkinkan Anda beralih di antara sistem operasi saat menghidupkan komputer Anda.

Ini adalah cara terbaik untuk menguji Windows 10 sebelum melakukan sepenuhnya, atau jika Anda memerlukan sistem operasi lama di komputer sehingga Anda tetap dapat menggunakan program tertentu yang tidak akan berfungsi di Windows 10. Untuk langkah ini dibutuhkan space hardisk yang mencukupi untuk memasang dua sistem operasi. Sistem operasi Windows 10 sendiri membutuhkan sekitar 3GB ruang kosong di hardisk.