Cara Menggunakan Bitcon Tumbler untuk Mengamankan Transaksi

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler untuk Mengamankan Transaksi – Crypto currency Bitcoin (BTC) dirancang untuk transaksi tanpa saling percaya dan bersifat anonim. Kendati bersifat anonim namun itu sulit dicapai dalam praktik.

Sebagian besar pertukaran Bitcoin mengharuskan memberikan ID dan menggunakan rekening bank atas nama pengguna sendiri untuk membeli koin. Semua transaksi juga dicatat di Bitcoin Blockchain yang berarti pergerakan koin dapat dilacak dari pembelian awal ke alamat pembayaran lainnya.

Bahkan jika pengguna membeli Bitcoin dengan uang tunai atau menambangnya sendiri, perangkat lunak Bitcoin Wallet mungkin terkait dengan alamat IP komputer yang digunakan pengguna. Bagaimana cara memisahkan Bitcoin yang dibeli dari identitas Anda menggunakan Bitcoin Mixer atau dikenal juga dengan tumbler.

Prosesnya yaitu seseorang yang ingin melindungi privasi mereka pertama-tama mengirim Bitcoin ke layanan Mixing. Kemudian akan menukar koin mereka dengan milik orang lain dengan nilai setara dengan membayar komisi yang kecil. Pengguna kemudian dapat menarik Bitcoin baru tadi dari layanan Mixing ke Wallet baru. Sehingga sangat sulit untuk menghubungkan Bitcoin dengan identitas pemiliknya meski dengan memeriksa transaksi di Blockchain.

Salah satu layanan Bitcoin Mixer yang cukup populer adalah BitCoinFog. Layanan ini memungut komisi antara 1-3% dari Bitcoin yang ditanganinya. Berikut cara menggunakan layanan Bitcon Tumbler untuk mengamankan transaksi :

1. Boot TAILS

TAILS (The Amnesiac Incognito Live System) adalah versi dari sistem operasi Linux. TAILS bisa di-boot dari stik DVD atau USB di komputer. TAILS digunakan untuk memastikan alamat IP tidak terkait dengan Bitcoin. Setelah selesai menggunakannya, tidak akan ada jejak aktivitas yang tertinggal di komputer. Hal inilah yang membuat TAILS cocok untuk tugas yang berhubungan dengan privasi seperti Bitcoin Mixer. TAILS juga menghubungkan semua koneksi internet melalui jaringan Tor yang anonim.

2. Buat dompet transisi

Jika sudah memiliki beberapa Bitcoin, artinya anda sudah memiliki dompet virtual untuk menyimpannya, baik di komputer atau online seperti halnya Bitcoin Exchange. Karena itu alamat IP komputer anda sudah pasti sudah terkait dengan Bitcoin tersebut.

Oleh karena itu Anda harus menggunakan TAILS untuk membuat Wallet sementara sebelum dilakukan mixing. Klik ‘Applications’> ‘Internet’ lalu ‘Electrum Bitcoin Wallet’. Program ini pertama akan menampilkan peringatan yang mengatakan bahwa Bitcoin akan hilang jika komputer di-restart. Klik ‘Launch’.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

3. Back up dompet transisi

Di Electrum pilih ‘Create a new seed’, lalu klik ‘Next’. Electrum akan menampilkan 12 kata acak misalnya : trade excite decide pink squeeze flight crazy diary pope five torch map. Kata-kata itu dikenal sebagai ‘Wallet Seed’. Siapa pun yang memiliki salinan kata-kata tersebut bisa mengakses Bitcoin yang Anda kirim ke dompet ini.

Tulislah kata-kata tersebut (urutan kata penting) di selembar kertas, lalu klik ‘Next’. Ketik kembali kata-kata tersebut di layar ëConfirm Seedí untuk memastikan bahwa Anda menulisnya dengan benar. Selanjutnya klik ‘Next’ sekali lagi. Electrum akan meminta Anda untuk menyetel password tapi tidak perlu, cukup klik ‘Next’.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

4. Kirim dana ke dompet transisi

Electrum sekarang akan menghasilkan alamat Wallet menggunakan Seed dari langkah sebelumnya. Klik pada tab ‘Receive’ untuk melihat alamat pembayaran Anda saat ini untuk Bitcoin dan pastikan untuk menuliskannya dengan benar (misalnya: 1FABUc4xvyCYYWBqiX3aKBs4YVkW31azi).

Selanjutnya, gunakan dompet Bitcoin yang ada untuk menarik jumlah BTC yang ingin Anda mix ke alamat ini. Langkah-langkah untuk melakukan ini akan bervariasi. Jika Anda membeli BTC melalui Bitstamp, kunjungi https://www.bitstamp.net/account/withdraw untuk mengirim dana ke alamat Wallet baru dari Electrum. Electrum akan menunjukkan jumlah tersebut sebagai saldo yang belum dikonfirmasi sampai dilakukan dikonfirmasi oleh pemilik.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

5. Mendaftar di BitCoinFog

Klik ‘Applications’ dan kemudian ‘Tor Browser’. Masuk ke BitCoinFog dengan mengakses http://foggeddriztrcar2.onion. Masukkan alamat tersebut ke browser dan tekan Back. Domain yang berakhiran terbatas untuk jaringan Tor dirancang untuk menganonimkan lokasi Anda.

Klik ‘Register’ di kanan atas dan masukkan username dan password yang Anda pilih. (Sebaiknya gunakan Diceware untuk membuat ini). Catat di selembar kertas. Setelah berhasil mendaftar, masukkan data Anda untuk login.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

6. Menyimpan dana ke mixer

Dari halaman BitCoinFog klik ‘Deposit’. Situs web secara otomatis akan menghasilkan alamat deposit untuk Anda. Sorot alamat tersebut dengan mouse, klik kanan dan pilih ‘Copy’. Buka kembali Dompet Bitcoin Electrum Anda dan klik tab ‘Send’.

Klik kanan pada ‘Pay To’ dan tempelkan di alamat deposit BitCoinFog. Klik ‘Max’ di bawah Jumlah, lalu ‘Send’. Electrum akan memastikan bahwa dana telah dikirim dan akan menunjukkan ID transaksi. Buka kembali Browser Tor dan kunjungi https://blockchainbdgpzk.onion. Ini adalah versi gelap dari https://blockchain.info. Tempelkan alamat pembayaran di kolom di kanan atas untuk memeriksa status dana Anda. Transaksi harus dikonfirmasi 6 kali.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

7. Buat dompet penyimpanan

Restart komputer dan jalankan TAILS sekali lagi. Klik ‘Applications’> ‘Internet’ lalu ‘Electrum Bitcoin Wallet’. Abaikan peringatan dan klik ‘Launch’. Di Electrum pilih ‘Create a new seed’, lalu klik ‘Next’. Electrum sekarang akan menampilkan 12 kata acak baru.

Tulislah itu di atas kertas sesuai urutannya, sehingga Anda dapat mengakses koin campuran baru Anda selanjutnya. Electrum juga akan meminta Anda untuk mengetik ulang kata-kata acak tersebut. Untuk menghindari kebingungan, pisahkan antara kata acak yang pertama dengan yang kedua. Ingat bahwa siapa pun yang memiliki akses terhadap kata acak tersebut dapat mengendalikan BTC Anda, jadi simpan dengan sebaik-baiknya.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

8. Atur penarikan

Klik ‘Next’ untuk melewati layar kata sandi Electrum lalu klik tab ‘Receive’ untuk melihat alamat pembayaran baru Anda. Catat alamatnya, misalnya: 1vjB1PyehWn5jRPkLV7RYFKvNmk1HEcPr. Klik ‘Applications’, ‘Tor Browser’, masuk kembali ke BitCoinFog dan login.

Klik pada tab ‘Withdraw’ dari halaman utama. Paste alamat pembayaran Electrum tadi di kolomnya. Di bawah ‘Time Span’, Anda dapat memilih jangka waktu dimana koin akan ditarik. Umumnya, semakin lama periode yang dipilih akan semakin kecil kemungkinan koin itu bisa ditelusuri. Standarnya adalah enam jam, tapi Anda bisa memilih hingga 96 jam.

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

9. Mixing BTC

Cara Menggunakan Bitcon Tumbler

Setelah Anda menetapkan ‘Time Span’ untuk penarikan di bawah ‘Delay’, Anda dapat memvariasikan jumlah jam sebelum memulai penarikan. Pastikan untuk mengatur setidaknya untuk satu jam sehingga tidak ada yang bisa menyamai waktu transaksi ketika Anda menggunakan jaringan Tor.

Terakhir klik ‘Submit Withdrawal’. Anda akan diminta untuk mengetikkan captcha untuk melanjutkan. Periksa alamat tujuan, rentang waktu dan penundaan dengan hati-hati sebelum mengklik ëSubmit Withdrawalí. Jika Anda menunda penarikan, pastikan untuk mematikan komputer sebelum dana diproses. BitCoinFog akan memotong biaya antara 1-3% untuk layanan mixing koin ini.