Cara Menggunakan Facebook Messenger Lite Lebih Hemat Data


Cara Menggunakan Facebook Messenger Lite Lebih Hemat Data – Dahulu aplikasi Facebook Messenger hanyalah cara untuk mengirim pesan chat ke teman Anda. Dalam perkembangannya aplikasi ini lalu dilengkapi dengan beberapa fitur seperti kemampuan mengirim gambar GIF, bermain game dengan teman Anda, atau bahkan mengirim uang tunai.

Agar selalu mengetahui update terbaru pesan dari teman-teman Facebook, pengguna harus menyetel ponsel mereka tetap online. Akibatnya banyak kuota data yang tersedot untuk selalu menggunakan aplikasi Facebook Messenger.

Karena itu kini Facebook telah merilis aplikasi Facebook Messenger baru yang menggunakan lebih sedikit data. Aplikasi yang disebut Facebook Messenger Lite ini tersedia hanya untuk Android dan bisa digunakan pengguna di Amerika, Inggris, Kanada, Irlandia, Australia, India dan lebih dari 100 negara berkembang lainnya.

Facebook membuat Messenger Lite pada dasarnya adalah aplikasi Messenger yang sama hanya saja dipreteli beberapa fiturnya sehingga bisa berjalan dengan normal pada jaringan internet yang paling lambat sekalipun.

Karena berhubungan dengan jumlah data yang lebih sedikit, pesan dalam aplikasi Messenger Lite akan dimuat lebih cepat dan juga akan tetap berjalan di berbagai perangkat yang cukup tua. Untuk menggunakan Messenger Lite ini ponsel Anroid yang digunakan setidaknya menjalankan Android 2.3 (Gingerbread).

Cara Menggunakan Facebook Messenger Lite Lebih Hemat Data

Cara menggunakan aplikasi Facebook Messenger Lite untuk menghemat lebih banyak data cukup mudah dengan langkah-langkah seperti berikut ini :

1. Pertama, cari dan download aplikasi ini di Play Store ( https://messenger-lite.id.uptodown.com/android ). Dengan ukuran file hanya 6,96 MB, Messenger Lite akan bisa berjalan mulus meski dipasang di ponsel Android dengan spesifikasi terbatas.

2. Setelah mendapatkan aplikasinya di Google Play Store, pengguna harus menjalankan aplikasi tersebut dan masuk dengan informasi akun Messenger yang dimiliki.

3. Pengguna kemudian akan diberikan tampilan daftar normal obrolan yang aktif dengan pesan terbaru, namun beberapa fitur hilang. Pengguna tidak akan dapat melakukan obrolan video melalui Messenger Lite sementara fitur obrolan yang muncul di bagian atas aplikasi lain tidak akan terjadi saat menggunakan versi ini.

4. Saat pengguna membuka aplikasi, ini akan terlihat sangat mirip dengan versi normal yang selama ini digunakan. Itu karena banyak fitur standar disertakan. Pengguna tetap dapat mengirim pesan teks, foto, dan pesan video, ditambah stiker juga tersedia. Daftar kontak menunjukkan mereka yang sedang online, sama seperti pada versi lengkap, dan obrolan grup pun sama. Panggilan Wi-Fi gratis juga tersedia.

Fitur utama Messenger Lite yaitu pengguna dapat mengirim pesan berbasis teks biasa, emoji dan foto dan hanya itu. Ini berarti tidak ada panggilan suara atau media multi-media lain yang akan menyerap data dengan cepat.

Messenger Lite ini dapat berjalan di latar belakang serta mengirimkan pemberitahuan pesan untuk teman-teman yang dimiliki. Sama seperti aplikasi versi standar, Messenger Lite pun memiliki fitur yang memicu getaran atau menerangi layar smartphone saat tersimpan jadwal yang hendak dilakukan.

Dengan Messenger Lite pengguna masih memiliki rangkaian lengkap emoji yang mereka inginkan, mendapatkan kiriman dan membaca resep, menyukai dan membalas pesan langsung dari notifikasi Android. Aplikasi ini pun memungkinkan pengguna merekam dan mengirim pesan suara, mengambil gambar dan berbagi foto, mengatur obrolan grup, dan bahkan membuat panggilan telepon di dalamnya.

Apa lagi yang dibutuhkan dari aplikasi perpesanan selain dari yang sudah disebutkan tadi? Beberapa fitur yang tak diberikan di Messenger Lite antara lain : Facebook Stories (video pendek yang diposkan oleh pengguna), Chat Heads, Video Calling, Themes, Wallpapers, dan Games.

Messenger Lite adalah aplikasi perpesanan bukan hanya untuk orang-orang dengan kuota data yang terbatas, namun juga bagi mereka yang memiliki kesabaran terbatas untuk aplikasi seluler yang lambat. Jika pengguna ingin menggunakan Messenger sebagai aplikasi olahpesan yang sebenarnya, opsi Lite akan membuang semua fitur berlebihan yang tidak dibutuhkan.

Hasilnya adalah aplikasi yang cepat, sederhana, berguna yang tidak akan menguras kuota data atau daya baterai. Sayangnya aplikasi ini tak akan tersedia untuk para pengguna iPhone, bahkan iPhone X yang baru saja diluncurkan. Facebook berdasarkan laporan baru-baru ini yang disampaikan Techcrunch tidak memiliki rencana untuk meluncurkan aplikasi Messenger Lite untuk iPhone di masa mendatang.

Cara Menggunakan Facebook Messenger Lite Lebih Hemat Data

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format