Cara Menggunakan Laptop Sebagai Wifi Hotspot


Cara Menggunakan Laptop Sebagai Wifi Hotspot – Konektivitas nirkabel atau Wifi adalah fitur yang dimiliki smartphone dan laptop dimana para pengguna tidak bisa meninggalkannya. Bagi kebanyakan pengguna, modem router adalah solusi sederhana untuk mengubah koneksi internet kabel menjadi nirkabel.

Dengan demikian dimungkinkan untuk menghubungkan beberapa perangkat secara bersamaan. Tapi apa yang terjadi jika router sedang bermasalah? Ada cara mudah untuk memastikan semua perangkat tetap terhubung meski tanpa modem router.

Kita dapat menggunakan chip WiFi bawaan laptop untuk memancarkan koneksi hotspot di rumah dan menghubungkan beberapa perangkat. Sistem operasi Windows dapat mengubah laptop Anda menjadi perangkat hotspot nirkabel yang memungkinkannya untuk berbagi koneksi internet kabel atau nirkabel dengan perangkat nirkabel lainnya.

Pengaturannya tergantung pada versi Windows yang Anda jalankan.

Mengaktifkan Wifi Hotspot di Windows 10 :

Bila kebetulan Anda adalah pengguna laptop dengan Windows 10 Anniversary Update maka dengan versi terbaru ini, Anda dapat dengan mudah berbagi jaringan kabel atau bahkan nirkabel dengan perangkat lain. Berikut langkah-langkah cara menggunakan laptop sebagai Wifi Hotspot :

1. Langkah 1:

Masuk ke menu Settings di Windows, dan pilih pengaturan ‘Network & Internet’.

2. Langkah 2:

Dari menu navigasi di sebelah kiri, pilih “Mobile hotspot”.

3. Langkah 3:

Pindahkan ke pengaturan hotspot untuk berbagi koneksi dengan mengaktifkan ìShare my Internet connection with other devicesî. Sambungan Ethernet di laptop kini bisa dibagi sebagai hotspot hanya dalam beberapa detik.

4. Langkah 4:

Tidak mungkin mengingat password yang di-generate oleh sistem, karena itu Anda bisa klik “Edit” untuk mengganti nama jaringan dan password untuk koneksi hotspot. Di jendela Edit, ketik nama jaringan dan password yang ingin Anda gunakan dan kemudian klik “OK.”

Itulah yang harus dilakukan bila anda menggunakan Windows 10 untuk mengaktifkan laptop sebagai Wifi hotspot.

Berbagi koneksi internet kabel di Windows 7 :

Kemampuan laptop untuk berbagi koneksi internet kabel ke perangkat nirkabel diintegrasikan ke dalam antarmuka jaringan Windows 7 melalui fitur yang dinamakan jaringan ad-hoc. Jaringan ad-hoc merupakan koneksi jaringan langsung yang sederhana antar perangkat.

Dalam kasus ini, Anda akan membuat jaringan ad-hoc antara koneksi nirkabel laptop dan perangkat nirkabel yang ingin Anda hubungkan. Anda hanya perlu memastikan bahwa koneksi kabel sudah diatur dan laptop memiliki Wifi yang tersedia.

Perhatikan bahwa saat Anda memasang jaringan ad-hoc menggunakan Wi-Fi laptop, ini akan menonaktifkan koneksi yang ada menggunakan adaptor Wifi. Itu sebabnya metode ini hanya bekerja jika internet Anda berasal dari sumber Ethernet. Berikut langkah-langkahnya :

1. Jika Anda belum pernah membuat jaringan seperti ini, singkatnya Anda harus masuk ke jendela Manage Wireless Networks dimulai dari membuka start kemudian wireless.

2. Selanjutnya klik tombol Add, dan kemudian klik “Create a ad hoc network”. Masukkan nama dan password untuk jaringan sehingga akan muncul dalam daftar jaringan nirkabel.

3. Pilih dan laptop Anda akan memutuskan sambungan jaringan Wi-Fi saat ini dan mulai menghosting jaringan ad-hoc yang dapat dihubungi perangkat Anda yang lain.

4. Pastikan untuk mengaktifkan kotak centang ìAllow other network users to connect through this computerís Internet connectionî yang artinya laptop Anda akan berbagi koneksi internet kabelnya dengan perangkat yang terhubung melalui jaringan ad-hoc.

Berbagi koneksi internet kabel di Windows 8 :

Sayang sekali pada Windows 8 antarmuka grafis untuk menyiapkan jaringan ad-hoc sudah ditiadakan, jadi tidak mudah untuk pengaturannya seperti pada Windows 7 atau Windows 10. Meski begitu fitur dasarnya tetap ada. Anda hanya perlu menggunakan trik dengan menambahkan sedikit baris perintah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama, Anda harus memastikan jaringan nirkabel yang ada bisa dibagikan dengan pengguna jaringan lainnya. Tekan tombol Windows + R pada keyboard laptop untuk membuka kotak dialog Run, ketik “ncpa.cpl”, lalu tekan Enter.

2. Di jendela network connections, klik kanan jaringan Nirkabel Anda dan pilih “Properties” dari menu.

3. Beralih ke tab “Sharing” dan aktifkan kotak centang ìAllow other network users to connect through this computerís Internet connectionî artinya mengijinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui komputer ini. Silahkan menghapus tanda centang ìAllow other network users to control or disable the shared Internet connectionî lalu klik tombol “OK”.

4. Selanjutnya, Anda harus menjalankan Command Prompt dengan hak administrative privileges. Klik kanan di kiri bawah layar atau tekan Windows + X dan kemudian pilih “Command Prompt (Admin)” pada menu Power Users yang muncul.

5. Jika Anda melihat PowerShell sebagai pengganti Command Prompt pada menu Power Users, itu merupakan peralihan yang muncul sebagai pembaruan untuk Windows 10. Mudah saja untuk beralih kembali untuk menampilkan menu Command Prompt pada Power Users jika Anda mengininkan. Namun tak ada salahnya menggunakan PowerShell. Anda dapat melakukan hampir semua hal di PowerShell yang dapat Anda lakukan di Command Prompt, ditambah banyak hal berguna lainnya.

6. Dengan command prompt yang terbuka, langkah selanjutnya adalah mengatur jaringan nirkabel dengan menggunakan netsh seperti:

netsh wlan set hostnetwork mode = allow ssid = “<SSID>” key = “<PASSWORD>”

Di mana <SSID> adalah nama jaringan Anda dan <PASSWORD> adalah kata sandi yang Anda inginkan untuk dihubungi pengguna. Jalur akses dibuat dengan enkripsi WPA2-PSK (AES).

7. Selanjutnya adalah memulai menyiarkan jaringan Wifi dengan perintah berikut:

netsh wlan start hostednetwork

8. Anda bisa menggunakan perintah terakhir ini untuk menampilkan informasi tentang koneksi. Ini berisi daftar hal-hal seperti saluran yang digunakan koneksi Anda, nama ssid, tipe otentikasi, jenis radio, dan jumlah klien yang terhubung ke jaringan Anda. Kode perintahnya adalah :

netsh wlan tampilkan hostnetwork

9. Setelah selesai, Anda seharusnya sudah dapat menghubungkan perangkat Wi-Fi ke jaringan ad-hoc baru Anda.

Berbagi Koneksi Internet Nirkabel di Windows 8 atau Windows 7 :

Jika Anda ingin berbagi koneksi Internet nirkabel di Windows 8 atau Windows 7 dengan perangkat nirkabel lainnya, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu rekomendasinya adalah Virtual Router karena gratis, open-source, dan mudah dipasang.

Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi koneksi kabel jika Anda hanya menginginkan cara yang lebih mudah untuk melakukannya daripada membuat jaringan ad-hoc. Mulai dengan mendownload aplikasi Virtual Router. Setelah itu jalankan aplikasinya dan mulai melakukan beberapa pengaturan yang cukup mudah.

Berikan nama untuk jaringan Anda, masukkan kata sandi, dan pilih koneksi yang ingin Anda bagikan dengan perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Klik tombol “Start Virtual Router”, dan selesai. Anda bahkan dapat melihat daftar perangkat yang terhubung di jendela aplikasi ini.

Pilihan lain aplikasi pihak ketiga untuk membuat jaringan Wifi hotspot di laptop Windows 8 atau Windows 7 yaitu menggunakan Connectify Hotspot. Ini adalah program router virtual yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda berbagi Internet dari laptop, PC atau tablet ke smartphone, media player, konsol game, e-reader, laptop dan tablet lainnya. Pengaturan aplikasi Connectify Hotspot pun sangat mudah sebagaimana aplikasi Virtual Router.

Cara Menggunakan Laptop Sebagai Wifi Hotspot

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format