Cara Menginstal Cisco VPN Client di Windows 10

Cara Menginstal Cisco VPN Client di Windows 10 – Bagi kalangan profesional dengan tingkat mobilitas tinggi, mengamankan koneksi jarak jauh saat berada jauh dari kantor atau jaringan tanpa tak aman seperti internet tidak ada yang bisa menandingi koneksi jaringan pribadi virtual (Virtual Private Network, VPN). Akses VPN digunakan sebagai sarana untuk melindungi koneksi yang dibuat dari jarak jauh dari klien ke jaringan dengan menyalurkan koneksi antara dua titik akhir (end point) dan mengenkripsi semua yang dikirim atau diterima.

Lapisan keamanan tambahan disertakan dengan mewajibkan pengguna yang berwenang untuk mengotentikasi dirinya sehingga akses ke data dikontrol secara ketat melalui database terpusat, seperti Active Directory.

Ada banyak aplikasi VPN client yang ditawarkan banyak vendor, salah satunya adalah Cisco VPN Client v5 yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan router Cisco dan menyediakan konektivitas satu atap ke sumber daya perusahaan. Cisco VPN Client adalah aplikasi perangkat lunak untuk koneksi ke jaringan VPN. Pengguna membuat sumber daya jarak jauh dari jaringan lain yang tersedia dengan cara yang aman seolah-olah pengguna terhubung langsung ke jaringan pribadi tersebut.

Program ini biasanya terdistribusi sebagai file installer dan profil yang dapat dieksekusi ( profile configuration file) yang berisi semua informasi yang diperlukan agar mudah terhubung ke jaringan. File konfigurasi .pcf (atau profil konfigurasi) digunakan untuk mengkonfigurasi klien VPN untuk menghubungkan ke server jauh.

Perangkat lunak ini tidak gratis tapi sering dipasang di universitas dan komputer bisnis sesuai dengan lisensi situs. Seperti kebanyakan lisensi perusahaan, administrator diperbolehkan mendistribusikan perangkat lunak secara cuma-cuma ke pengguna di dalam jaringan mereka.

Klien menggunakan file konfigurasi profil (.pcf) yang menyimpan kata sandi VPN dengan hash tipe 7, atau disimpan sebagai plaintext. Password tersebut ternyata dapat dengan mudah diterjemahkan menggunakan perangkat lunak atau layanan online. Untuk mengatasi masalah tersebut, administrator jaringan disarankan untuk menggunakan fitur Mutual Group Authentication, atau gunakan kata sandi yang unik (yang tidak terkait dengan password jaringan penting lainnya.

Setelah dihentikan pada tahun 2011, tidak mengejutkan jika Cisco VPN Client versi 5 tidak didukung oleh Windows 10. Beruntung Cisco VPN Client ini bisa berjalan di Windows 8.1 karena Cisco sendiri menyatakan bahwa sistem operasi yang didukung terakhir untuk layanan ini adalah Windows 7.

Pihak Cisco sendiri merekomendasikan untuk mengunduh Cisco AnyConnect Secure Mobility Client v4.x, yang akan menangani fungsi VPN selain menawarkan berbagai fitur tambahan seperti perlindungan terhadap malware.

Namun sebagian pengguna masih prefer dengan kehandalan Cisco VPN Client ini dan ingin tetap menggunakannya. Masalahnya, bagaimana cara menginstal Cisco VPN Client di Windows 10 bagi mereka yang menggunakan perangkat bersistem operasi terbaru dari Microsoft itu? Langkah-langkah cara menginstal Cisco VPN Client di Windows 10 berikut ini sudah diujicoba hanya di builds up to versi 15063 dari Windows 10 Creators Update.

1. Disarankan untuk mencopot terlebih dulu program Cisco VPN Client sebelum menginstal Windows 10 Creators Update.

2. Setelah itu download dan instal SonicWall VPN client yang ada di link http://help.mysonicwall.com/Applications/vpnclient/. Pastikan bahwa Windows yang dapat dijalankan yang diambil adalah versi terbaru dari 32 bit atau 64 bit client.

Setelah itu, unduh Cisco VPN Client dari Dropbox (https://www.dropbox.com/s/8xkijxtnu2lbdev/vpnclient-winx64-msi-5.0.07.0440-k9.exe?dl=0) atau juga tersedia dari CNET (http://download.cnet.com/Cisco-VPN-Client/3000-2085_4-10904827.html).

Jika mendownload dari Dropbox, pastikan memilih ‘Direct download’ dan bukan ‘Save to my Dropbox’. Pengguna tidak perlu mendaftar akun Dropbox untuk mengakses file tersebut.

3. Dengan file EXE yang didownload, pengguna harus membuat beberapa perubahan sebelum melakukan instalasi Cisco VPN Client. Bila langsung dilakukan instalasi maka biasanya akan ada pesan kesalahan yang menyatakan bahwa file tersebut tidak didukung oleh versi Windows yang digunakan.

3. Untuk mengatasinya , unzip file yang diunduh tadi menggunakan program kompresi file seperti WinZip atau 7-Zip. Masalah lain akan muncul, file yang diekstrak itu akan menjadi file MST yang tidak dapat dibuka. Untuk itu klik kanan dan ubah ekstensi MST menjadi MSI.

4. Dari file yang diunzip tadi, klik dua kali vpnclient_setup.msi yang baru diubah sehingga akan memulai proses install. Klik Next sampai selesai seperti yang diinstruksikan, klik Finish.

5. Setelah berhasil memasang Cisco VPN Client, selanjutnya adalah mengedit registri dengan masuk ke menu Regedit. Di Windows 10, pengguna bisa mengakses Regedit dengan mengetikkannya ke search bar (di sebelah kanan tombol Start) atau dengan menggunakan shortcut Win + R dan mengetikkan kata Regedit di sana.

6. Dari jendela registri yang terbuka selanjutnya cari HKEY_LOCAL_MACHINE dan klik ikon drop-down. Kemudian lakukan lagi untuk System, CurrentControlSet, Services, dan akhirnya, CVirtA.

Dari sana, klik dua kali DisplayName dan ubah data nilai menjadi “Cisco Systems VPN Adapter” (tanpa tanda petik) jika Anda menggunakan versi program x86 32-bit atau ketikkan “Cisco Systems VPN Adapter for 64-bit Windows” (tanpa tanda petik) jika menggunakan versi 64-bit.

Sebagai referensi, entri data nilai asli akan terlihat seperti ini:

32-bit (x86): @ oem8.ifn,% CVirtA_Desc%; Cisco Systems VPN Adapter

64-bit (x64): @ oem8.ifn,% CVirtA_Desc%; Cisco Systems VPN Adapter untuk Windows 64-bit

7. Setelah membuat perubahan yang sesuai di regedit, restart Windows.

8. Cisco VPN Client kini harus berfungsi seperti yang diharapkan di Windows 10.

Namun jika terus mengalami masalah, beberapa langkah tambahan rroubleshooting berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengatasinya :

Jika masih mengalami masalah dalam menginstal, menjalankan atau menggunakan Cisco VPN Client di Windows 10, coba berhenti sejenak untuk menemukan masalahnya. Misalnya Error 433 yang terjadi saat program ini melakukan connect. Jika itu yang terjadi, coba uninstall program SonicWall dan Cisco VPN Client. Kemudian pasang kembali dimana yang pertama adalah memasang SonicWall sehingga filter DNE Lightweight akan tertanam di sistem komputer.

Setelah selesai menginstal kedua program, unzip dan ganti nama installer Cisco VPN Client, edit registri dan reboot komputer. Lanjutkan dengan menghapus SonicWall di Settings> Add or remove programs, atau di Control Panel > Program> Program and Feature. Restart komputer Anda sekali lagi dan Cisco VPN Client akan berfungsi.

Jika pengguna telah melakukan semuanya dalam panduan ini namun program Cisco VPN Client di Windows 10 tak bisa berjalan dengan baik maka sebagai upaya terakhir, pengguna dapat mengatur ulang semua jaringan di Windows 10. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah . Pertama, jalankan Command Prompt dengan hak akses administratif dengan mengklik kanan di bilah pencarian dan pilih “Run as administrator.” Kemudian ketik “netcfg -d” (tanpa tanda petik). Tekan enter. Kemudian Reboot komputer.