Cara Menonton Netflix dan Hulu lewat VPN Tanpa Diblokir


Cara Menonton Netflix dan Hulu lewat VPN Tanpa Diblokir – Netflix baru-baru ini mengumumkan akan memberantas pengguna VPN, proxy, dan unblocking DNS yang mencoba mengakses konten dari negara lain. Kabar baiknya, menonton situs streaming melalui VPN mungkin akan sedikit sulit, tapi akan selalu bisa dilakukan. Netflix bukan satu-satunya, Hulu pun telah menindak situs VPN bahkan dari dulu. Pesan yang biasanya muncul seperti “Acara ini tidak tersedia di negara Anda” bila pengguna memakai layanan VPN dan proxy. Lalu bagaimana cara menonton Netflix dan Hulu lewat VPN tanpa diblokir?

Layanan VPN dan proxy akan mengarahkan lalu lintas akses ke negara lain sehingga Netflix dan Hulu beranggapan pengakses memang tinggal di sana. VPN dan proxy ini menggunakan beberapa alamat IP dan membaginya di antara pengguna mereka. Untuk layanan seperti Hulu atau Netflix, mendeteksi dan memblokir VPN atau proxy semacam itu tentu sangat mudah.

Mereka tinggal melacak di mana penggunanya terhubung dan mencatat pengguna dengan akun dari seluruh dunia yang terhubung dari alamat IP yang sama. Alamat IP tersebut kemudian dimasukkan dalam daftar hitam. Layanan VPN dapat beralih ke alamat IP baru, namun Netflix dan Hulu pun akan mendeteksinya lagi dan memblok lagi. Ini seperti permainan kucing mengejar tikus yang abadi.

Namun bisa diambil kesimpulan bahwa Netflix, Hulu, atau layanan lain tidak memiliki cara untuk benar-benar bisa mendeteksi apakah pengguna terhubung melalui VPN atau tidak. Mereka hanya bisa memblokir alamat IP yang diketahui dibagi di antara banyak pengguna.

Sehingga solusi cara menonton Netflix dan Hulu lewat VPN tanpa diblokir yaitu tidak menggunakan VPN secara bersama-sama. Sebagai gantinya, kita harus memiliki alamat IP unik sendiri yang terkait dengan VPN. Ada beberapa cara untuk melakukannya :

1. Gunakan alamat IP Khusus

Masih menggunakan layanan VPN, namun dapatkan alamat IP yang unik. Beberapa layanan VPN sering menawarkan alamat IP unik kepada penggunannya dengan biaya tambahan. Carilah layanan yang menawarkan “alamat IP khusus” atau “IP statis.”

Layanan seperti ini akan memungkinkan pengguna bisa terus menonton Netflix melalui layanan VPN tanpa blokir. Beberapa layanan VPN populer seperti PureVPN, TorGuard, dan Hide My Ass! semuanya menawarkan fitur tersebut dengan mengenakan biaya tambahan.

Salah satu penyedia VPN berbayar adalah Strong VPN. StrongVPN dapat digunakan untuk menonton Netflix. Layanan ini menyediakan bandwidth tak terbatas, klien untuk perangkat apa pun, koneksi cepat, keamanan yang hebat, dan harga bulanan yang rendah.

Bahkan Strong VPN juga memiliki garansi uang kembali jika layanannya tidak berfungsi dengan semestinya. Paket paling murah hanya sekitar 5,83 $ per bulan dengan fitur-fitur : 45 Cities in 25 Countries ; PPTP, L2TP, SSTP, OpenVPN and IPSec Protocols ; Zero Logs ; Complete Online Security ; High-Speed Connections ; Free Software on Multiple Devices.

2. Host VPN di jaringan internet rumah

Host VPN sendiri di rumah adalah cara lain menonton Netflix dan Hulu lewat VPN tanpa diblokir. Jika hanya ingin mengakses Netflix versi Amerika saat bepergian ke luar negeri, pengguna bisa meng-host server VPN sendiri dari koneksi internet di rumah. Pengguna bisa terhubung dan terus menonton Netflix seolah-olah sedang duduk di rumah di Amerika. Trik ini juga berfungsi di negara lain yang akan memberi akses ke layanan Netflix di negara tersebut.

Namun, pengguna akan dibatasi oleh bandwidth karena koneksi internet di rumah cenderung tidak menawarkan kecepatan tinggi. Pengguna bisa meng-host VPN sendiri di router dengan firmware pihak ketiga yang tangguh seperti DD-WRT atau OpenWRT. Atau pengguna bisa melakukannya di server khusus, atau membuat server SSH dan menggunakan tunnel SSH.

Alih-alih mencoba melakukan itu sendiri, pengguna pun bisa membeli router yang sudah memiliki fitur ini. Router rumah kelas atas sering kali hadir dengan server VPN built-in. Cari saja router nirkabel yang memiliki dukungan server VPN. Pengguna kemudian dapat menggunakan antarmuka web router untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi server VPN. Pastikan untuk memilih router yang mendukung jenis VPN yang ingin digunakan.

Cari Router yang mendukung Firmware DD-WRT atau Firmware pihak ketiga lainnya. Piranti lunak router khusus pada dasarnya adalah sistem operasi baru yang dapat di-flash ke router untuk menggantikan sistem operasi standar router. DD-WRT adalah yang populer termasuk juga OpenWrt.

Jika memiliki router yang mendukung DD-WRT, OpenWrt, atau firmware router pihak ketiga lainnya, pengguna dapat mengisinya dengan firmware tersebut dan mendapatkan lebih banyak fitur. DD-WRT dan firmware router yang serupa juga mencakup dukungan server VPN bawaan, sehingga pengguna bisa meng-host server VPN bahkan pada router yang tidak disertakan dengan perangkat lunak server VPN.

Jika pengguna memiliki komputer yang menyala terus sepanjang waktu, ia bisa menginstal server OpenVPN atau server serupa dan meng-host server VPN di sana. Server VPN tersedia untuk setiap sistem operasi, dari Windows, Mac hingga Linux. Pengguna hanya perlu meneruskan port yang sesuai dari router ke komputer yang menjalankan perangkat lunak server. Windows menawarkan cara built-in untuk meng-host VPN.

Windows memiliki kemampuan built-in untuk berfungsi sebagai server VPN menggunakan point-to-point tunelling protocol (PPTP), walaupun fitur ini agak tersembunyi. Cara menyiapkan server VPN di Windows yaitu dengan membuka jendela “Network Connections”.

Cara tercepat untuk melakukan ini adalah dengan menekan Start, ketik “ncpa.cpl,” lalu klik hasilnya (atau tekan Enter). Di jendela “Network Connections”, tekan tombol Alt untuk menampilkan menu lengkap, buka menu “File”, lalu pilih opsi “New Incoming Connection” dan ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai.

Aplikasi Apple’s Server juga memungkinkan pengguna untuk membuat server VPN. Ada juga pilihan untuk membeli perangkat VPN khusus sendiri. Pengguna bisa membeli Pi Raspberry dan menginstal perangkat lunak server OpenVPN, mengubahnya menjadi server VPN berdaya rendah dan ringan. Pengguna juga bisa menginstal perangkat lunak server lain di dalamnya dan menggunakannya sebagai server multi-tujuan.

3. Host VPN di layanan hosting

Jika rumah kebetulan tidak menyediakan cukup bandwidth, pengguna bisa menginstal server VPN di layanan hosting web. Setiap layanan web hosting biasanya memiliki layanan ini dimana pengguna dapat mengatur sendiri server VPN walaupun beberapa host web mungkin menawarkan control panel yang membuat instalasi server VPN dengan mudah bisa dibuat.

Cara ini tentu bukan untuk pengguna yang masih awam dengan cara instalasi VPN di web hosting sebab harus menyiapkan dan mengelola perangkat lunak server sendiri. Salah satu kelebihan cara ini jika pengguna memiliki cukup bandwidth maka bisa membaginya dengan orang lain.

Cara ini pun secara biaya akan lebih murah dibanding layanan VPN khusus, meskipun memerlukan sedikit usaha. Cara ini termasuk paling murah baik dari segi biaya per bulan dan juga cara ini tak memerlukan perangkat tambahan selain komputer atau laptop untuk mengaksesnya.

Cara Menonton Netflix dan Hulu lewat VPN Tanpa Diblokir

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format