Cara Menyembunyikan Foto Pribadi dari Google Photos Android


Cara Menyembunyikan Foto Pribadi dari Google Photos Android – Kita pastinya tidak ingin setiap foto yang kita miliki bisa muncul di aplikasi Google Photos. Kita mungkin ingin menyimpan foto tertentu (atau bahkan folder) pribadi. Ada banyak aplikasi tersedia di Play Store untuk tujuan tersebut.

Ada cara menyembunyikan foto pribadi dari Google Photos tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga, yaitu menggunakan aplikasi pengelola file yang sudah tersedia. Ya, kita hanya memerlukan aplikasi pengelola file yang sudah terinstal misalnya Solid Explorer atau yang lainnya.

Cara menyembunyikan foto pribadi dari Google Photos yang termudah adalah menonaktifkan opsi backup and sync atau cadangan dan sinkronisasi. Langkah ini cukup cepat dan efisien untuk membuat foto pribadi disembunyikan. Hanya saja dengan opsi tersebut, foto-foto lain yang tak termasuk pribadi tak akan bisa di-backup di Google.

Ini tentu akan sedikit merepotkan. Untuk itu kita perlu cara lain menyembunyikan foto pribadi dari Google Photos. Salah satunya kita dapat membuat folder baru dan memindahkan foto pribadi yang ingin disembunyikan ke folder yang sudah ada, atau kita bisa menyembunyikan semua foto di folder tertentu. Misalnya kita bisa menyembunyikan foto di folder Unduhan. Atau kita harus memotong / menempelkan foto ke folder khusus untuk menyembunyikannya.

Berikut cara menyembunyikan foto pribadi dari Google Photos :

1. Jalankan aplikasi pengelola file
Misalnya Solid Explorer atau aplikasi pengelola file favorit lainnya. Buat folder baru, lalu beri nama apapun yang kita mau. Untuk contoh misalnya diberi nama “Hidden” sebagai nama file. Jika ingin menyembunyikan file dalam folder tertentu yang sudah ada, lewati langkah ini.

2. Buat folder baru
Dari sana, buka folder baru (atau arahkan folder yang ada yang ingin disembunyikan dari Google Photos), lalu ketuk tombol + sekali lagi. Kali ini, pilih “New file.” Beri nama file baru dengan menambahkan ekstensi .nomedia dan tekan OK. File dengan ekstensi tersebut pada dasarnya memberitahukan pada aplikasi Google Photos untuk tidak memindai folder ini untuk file media. File baru itu langsung hilang.

3. Melihat file tersembunyi
Bila kita ingin menampilkan file dan folder tersembunyi tadi cukup dengan mengetuk menu tiga tombol di pojok kanan atas, pilih “Folder Options,” lalu Toggling kotak “Show hidden files”.

4. Memotong dan memindahkan file
Jika kita memilih untuk membuat folder tertentu kemudian ingin memindahkan file ke dalamnya, aplikasi pengelola file memiliki fitur untuk itu dan bisa diandalkan. Ketika kita memutar ponsel ke mode lansekap maka otomatis layar akan menampilkan dua folder sekaligus, sehingga dengan mudah bisa memotong dan menempelkan file dari satu folder ke folder lain.

Pertama, navigasikan ke folder dimana foto yang ingin disembunyikan tersimpan. Jika kita mencari foto yang diambil dengan kamera, bisa ditemukan di folder DCIM> Camera. Tekan lama file (atau file) yang ingin Anda pindahkan, lalu pilih “Cut” yang dilambangkan dengan ikon gunting di panel atas. Selanjutnya, cukup tempelkan file tersebut ke dalam folder yang tadi dibuat dengan ekstensi .nomedia.

5. Restart ponsel
Langkah selanjutnya hidupkan ulang ponsel karena pemindai media Android perlu “mengatur ulang” agar tidak lagi menampilkan file di aplikasi Google Photos. Restart akan memaksa pemindai media untuk memindai ulang file baru, dalam hal ini akan menemukan file “.nomedia” yang kita buat sebelumnya dan kemudian menyembunyikan isi folder tersebut.

6. Melihat isi file tersembunyi
Selesai, satu-satunya cara untuk melihat file-file yang tersembunyi itu yakni dengan membuka aplikasi pengelola file. Kini foto pribadi sudah tidak akan muncul di galeri atau aplikasi foto apa pun termasuk Google Photos.

Google Photos mungkin tampak seperti layanan hosting foto sederhana, tapi sebenarnya aplikasi ini cukup hebat. Google Photos menjembatani kesenjangan antara penyimpanan Cloud, hosting foto, dan layanan berbagi foto yang bersaing ketat dengan Flickr, iCloud, Dropbox, dan OneDrive.

Kita mungkin tahu bahwa Google Photos dapat membuat cadangan foto dari perangkat Android atau iOS dan bisa diakses dari web untuk melihatnya. Kita mungkin belum tahu jika Google Photos menyediakan penyimpanan tak terbatas gratis saat kita memilih setelan “high quality” (yang berarti foto hingga batas 16 megapiksel dan video HD yang besar hingga 1080p).

Tak cuma itu saja, berikut berbagai kelebihan Google Photos yang mungkin belum diketahui banyak pengguna :

1. Mencari Orang, Tempat, dan Objek

Google Photos secara otomatis akan mengatur gambar yang diunggah menurut lokasi dan menurut tanggal foto diambil. Dengan menggunakan pengenalan gambar yang canggih dan basis data informasi Google yang besar, aplikasi ini dapat mengenali subjek foto dengan mudah.

Cari foto apa saja yang kita punya sangat mudah dilakukan seperti foto pernikahan yang dihadiri bulan lalu, foto yang diambil saat liburan, foto hewan peliharaan, makanan, dan banyak lagi. Di kanan bawah, sentuh ikon Search lalu ketikkan apa yang ingin dicari dan sentuh “Enter” atau “Search.”

2. Mengelompokkan foto dengan kemiripan wajah dan kemudian memberikan label

Google Photos membuat model wajah di foto untuk kemudian mengelompokkan wajah yang serupa. Dengan begitu, kita bisa mencari library foto untuk foto orang-orang tertentu. Kelompok foto tersebut bersifat pribadi di akun kita dan tidak akan ditampilkan ke siapa pun yang berbagi foto dengan kita.

Untuk membuat label grup wajah cukup ketuk “Who is this?” Yang terletak di bagian atas face group. Masukkan nama atau nama panggilan (atau pilih dari saran yang diberikan). Setelah kita memberi label pada face group itu, kita dapat mencari dengan label tersebut menggunakan kotak Search. Jika kita ingin mengubah atau menghapus nama label, cukup ketuk menu “Options” dan pilih ìEdit or Remove name label.î

3. Hapus foto setelah mengunggahnya

Jika kita ingin mengunggah foto ke Cloud, mengapa menyimpannya di memori ponsel? Google Photos dapat secara otomatis menghapus foto dan video dari ponsel setelah mengunggahnya, sehingga menghilangkan salinan foto yang berlebihan.

 

Sebelumnya, fitur ini diaktifkan hanya jika Anda menyetel aplikasi untuk mencadangkan foto ìFull original resolutionî, yang akan menghemat penyimpanan di Google Drive. Tapi sekarang tersedia “High quality (free unlimited storage)” juga. Fitur “Asisten” Google Photos akan meminta kita untuk menghapus foto dari ponsel saat ruang penyimpanan terbatas.

Jika kita menemui pesan tersebut, aplikasi ini memberikan informasi tentang berapa banyak ruang yang dapat kita bebaskan jika menghapus foto dan video pada perangkat. Jika fitur “back up and sync” selalu dinyalakan, kita bisa secara manual menghapus salinan lokal foto dan video juga. Di kiri atas, sentuh menu hamburger dan pilih “Settings.” Sentuh “Free up device storage” untuk menghapus foto dan video original dari perangkat yang sebelumnya telah dicadangkan.

4. Cadangkan foto dari aplikasi lain

Cadangan otomatis dari Google Photos secara default akan memback up foto yang diambil dengan aplikasi kamera default. Jika kita ingin juga mencadangkan foto yang kita ambil di Instagram, WhatsApp, Viber, dan aplikasi Android serupa lainnya, kita tetap dapat melakukannya.

Buka aplikasi Google Photos di ponsel Android dan ketuk ikon menu hamburger di pojok kiri atas. Pilih “Device Folders” dari menu yang muncul. Kita akan melihat berbagai folder yang berisi gambar dari berbagai aplikasi seperti Facebook, Instagram, aplikasi chat, dan Screenshots.

Pilih folder mana yang akan disertakan atau dikecualikan dari proses backup. Atau masuk ke Settings> Back up and sync, sentuh pada opsi ìChoose folders to back upÖî dan pilih folder yang ingin dicadangkan. Setelan ini hanya tersedia di perangkat Android.

Cara Menyembunyikan Foto Pribadi dari Google Photos Android

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format