Cara Scan Dokumen di iPhone dan iPad Menggunakan Aplikasi Bawaan iOS 11

Cara Scan Dokumen di iPhone dan iPad Menggunakan Aplikasi Bawaan iOS 11 – Sistem operasi iOS 11 datang sebagai upgrade software terbesar untuk semua pengguna perangkat Apple. Terlepas dari fitur dock yang nyaman dan control centre yang dirubah, fitur lain seperti Scan pun sangat berguna. Dengan fitur Scan tersebut pengguna tidak lagi harus mendownload aplikasi scan pihak ketiga. Aplikasi Apple Notes berguna untuk melakukan scan dokumen dengan cara yang lebih mudah dari sebelumnya.

Fitur Notes di iOS 11 ini lebih baik daripada kebanyakan aplikasi pemindai dokumen yang dibuat oleh pihak ketiga. Kualitas gambarnya bagus dan pengguna bahkan tidak dapat melihat perbedaan antara dokumen yang dipindai dengan alat scan dan dokumen yang dipindai menggunakan iPhone atau iPad.

Cara Scan Dokumen di iPhone dan iPad

Begini cara scan dokumen di iPhone dan iPad menggunakan aplikasi bawaan di iOS 11 :

1. Pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui sistem operasi perangkat dengan versi terbaru iOS 11.

2. Setelah pembaruan selesai, buka aplikasi Apple Notes. Lalu ketuk ikon ‘pena’ yang terletak di pojok kanan atas.

3. Begitu ikon tersebut diketuk maka keyboard virtual akan muncul, ketuk tanda ‘+’ di bilah atas keyboard tersebut. Maka menu drop down akan muncul dengan ‘Scan Documents’ berada di atas.

4. Ketuk pada ‘Scan Documents’ dan arahkan kamera ke dokumen yang ingin dipindai. Setelah membingkai dokumen dengan benar, klik tombol kamera untuk menjepretnya.

5. Setelah memindai dokumen, pengguna dapat melihat pratinjau dokumen yang baru saja discan tersebut. Di sini pengguna akan diberikan pilihan untuk memotong dokumen jika dirasa masih belum pas posisinya. Klik saja tombol ‘retake’ untuk menjepretnya lagi menggunakan kamera atau klik ‘done’ bila sudah pas.

6. Yang sangat menarik dari fitur ini yaitu dari sudut mana saja pengguna memindai dokumen, hasil akhirnya akan selalu dalam posisi yang benar. Gambar akan dibingkai dengan sempurna secara horisontal maupun vertikal.

7. Jika pengguna ingin menyimpan setiap dokumen sebagai file yang berbeda, pastikan untuk membuka notes baru. Sebab jika tidak maka akan disimpan sebagai satu file PDF.

Seperti diketahui Apple merilis iOS 11 pada tanggal 19 September 2017. Pengguna dapat meng-upgrade dengan mengetuk “Install Now” saat ada pesan update, namun pengguna juga dapat memeriksa update dan menginstalnya segera tanpa harus menunggu pesan update tersebut.

Sistem operasi iOS 11 tersedia untuk iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone 6, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, dan iPhone 5s. Tersedia uga untuk iPad Pro (semuanya), iPad (generasi ke-5), iPad Air 2, iPad Air, iPad mini 4, iPad mini 3, iPad mini 2, dan iPod touch (generasi ke-6).

Bagaimana cara memperbaharui iPhone atau iPad ke iOS 11 ini?

1. Pertama, pastikan pengguna memiliki cukup daya baterai sebelum menjalankan proses update ini. Pengguna memerlukan baterai paling sedikit 50% yang tersedia pada perangkat untuk memulai pembaruan, walaupun Apple menyarankan agar menghubungkan perangkat ke stopkontak saat proses update berjalan.
Pengguna juga harus menghubungkan perangkatnya ke Wi-Fi, karena proses menginstal pembaruan besar seperti iOS 11 tak dapat dilakukan melalui koneksi seluler.

2. Ketuk Settings > General > Software Update untuk memeriksa update yang tersedia. Perangkat akan memeriksa update yang dapat diinstal. Ketuk “Download and Install” untuk memulai proses instalasi.

3. Pembaruan iOS 11 memerlukan setidaknya 2 GB ruang kosong pada perangkat untuk proses download dan instal. Jika tidak cukup ruang tersedia, perangkat akan menawarkan untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah ada untuk memberi ruang kosong. Ketuk “Continue”.

Maka sistem akan menghapus aplikasi-aplikasi yang terpasang ( tidak termasuk data) kemudian memasang pembaruannya. Setelah itu lalu memulihkan aplikasi-aplikasi yang telah dihapusnya. Ini sangat mirip dengan fitur yang dimiliki aplikasi offloading . Pengguna pun dapat mengetuk “Cancel” dan membebaskan ruang memori di iPhone atau iPad dengan cara apa pun yang dikehendaki sebelum melanjutkan.

4. Jika sudah tersedia cukup ruang kosong, perangkat akan menawarkan untuk mendownload pembaruan. Ketuk “Install” untuk memperbarui sekarang. Pengguna juga dapat menekan “Later” dan kemudian “Install Tonight”. Hubungkan perangkat ke daya saat pengguna tidur di malam hari dan secara otomatis perangkat akan menginstal pembaruan malam itu.

5. Pengguna akan diminta memasukkan kode akses perangkat. Masukkan dan proses update akan dimulai. Jika pengguna tidak mengetahui passcode, pengguna harus menghapus perangkat dan mulai dari awal.

Pengguna masih bisa menggunakan iTunes untuk mengupdate iPhone, iPad, atau iPod Touch. Namun lebih mudah untuk memperbarui sistem secara wireless menggunakan perangkat itu sendiri. Opsi pembaharuan melalui iTunes bisa berguna dalam situasi yang jarang terjadi.

Misalnya, jika pengguna tidak memiliki jaringan Wi-Fi yang tersedia namun memiliki komputer dengan koneksi Ethernet kabel, pengguna dapat menyambungkan perangkat ke komputer dan menggunakan iTunes untuk mendownload pembaruan.

Pengguna memerlukan versi terbaru iTunes untuk melakukannya. Di komputer, jalankan iTunes dan klik Help > Check for Updates, atau download iTunes dari Apple jika belum menginstalnya. Di Mac, buka iTunes dan klik iTunes > Check for Updates. Setelah versi terakhir terinstal, sambungkan perangkat ke PC atau Mac menggunakan kabel yang disertakan yang sama dengan yang digunakan untuk mengisi baterai. Pilih perangkat dengan mengklik ikonnya di toolbar di sudut kiri atas jendela iTunes.

Klik “Summary” di sidebar dan kemudian klik tombol “Check for Update” di bawah nama perangkat di panel utama. Maka iTunes akan memeriksa pembaruan yang tersedia dan meminta pengguna untuk menginstalnya. Klik “Download and Update” untuk menginstal pembaruan jika tersedia. Masukkan kode akses di layar perangkat saat diminta maka pembaruan ke iOS 11 akan segera dimulai.

Sistem operasi iOS 11 memiliki banyak fitur baru yang disertakan di dalamnya. Dari penyempurnaan Pesan dan Apple Pay hingga kemampuan multitasking dan pengelolaan file yang canggih di iPad. Aplikasi Pesan kini memiliki App Drawer yang didesain ulang untuk membuat aplikasi dan stiker iMessage lebih mudah ditemukan dan mudah digunakan.

Pesan sekarang pun akan disimpan di iCloud. Semua percakapan akan disinkronkan di antara perangkat yang digunakan pengguna saat masuk dengan akun iCloud. Dengan begitu, pengguna bisa menghapus pesan pada satu perangkat dan semuanya akan hilang. Pesan tetap dienkripsi end-to-end meski tersimpan di Cloud.

Apple Pay sekarang mengizinkan pembayaran dari orang ke orang. Fitur ini terintegrasi langsung ke Messages sebagai aplikasi iMessage, sehingga mudah untuk mengirim uang saat chatting. Uang yang diterima akan masuk ke Apple Pay Cash card dan pengguna dapat mengirimkannya ke orang lain, melakukan pembelian dengan Apple Pay, atau mentransfernya ke rekening bank yang dimiliki.

Namun pengguna harus melakukan otentikasi dengan Touch ID sebelum mengirim uang, sebagaimana yang dilakukan saat melakukan pembelian. Jika pengguna menerima pesan di iMessages yang mengatakan bahwa ia berutang uang misalnya, maka keyboard secara otomatis akan menyarankan Apple Pay sebagai pilihan dan secara otomatis mengisi sejumlah uang. Masih banyak lagi fitur-fitur menarik dari iOS 11 milik Apple ini.