3 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Semua Merek


Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop – Meski sebagian besar laptop dan desktop sekarang hadir dengan dukungan Bluetooth, namun sebagian lainnya masih memerlukan upgrade Bluetooth. Jika Anda kebetulan memiliki laptop tanpa dukungan Bluetooth, jangan khawatir. Langkah-langkah cara mengaktifkan Bluetooth di laptop berikut ini bisa diterapkan ke perangkat lama dengan sistem operasi Windows.

Ada puluhan ribu periferal dan aksesori yang dibutuhkan akan lebih mudah dilakukan dengan Bluetooth. Misalnya, menjalankan kabel audio tambahan dari laptop ke speaker Bluetooth portabel. Bluetooth juga berguna saat menggunakan headphone nirkabel, pengendali game, dan periferal lainnya.

Untuk memastikan ada tidaknya fitur Bluetooth built in di laptop Windows Anda dapat masuk ke Control Panel> Network and Internet> Network Connections. Jika memang ada Bluetooth yang terinstal dan dikonfigurasi dengan baik, Anda akan melihat entri untuk “Bluetooth Network Connection” di samping koneksi jaringan lainnya seperti Ethernet dan Wi-Fi.

Sebagai alternatif, Anda dapat membuka Device Manager dengan menekan tombol Start dan cari “Device Manager” dan kemudian cari entri “Bluetooth“. Device Manager akan menunjukkan apakah laptop Anda memiliki perangkat Bluetooth atau tidak, meski tidak diatur dengan benar.

Jika Anda mendapati bahwa laptop Anda tidak dilengkapi Bluetooth, Anda harus menambahkannya. Cara menghidupkan Bluetooth di laptop misalnya cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Acer 21 cukup mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk itu.

1. Langkah Pertama: Beli Apa yang dibutuhkan

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Setelah Anda memastikan bahwa laptop Anda benar-benar membutuhkan perangkat Bluetooth (dan bukan hanya update driver), saatnya untuk memastikan bahwa Anda memiliki port USB yang masih kosong. Jika colokan USB sudah penuh, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli hub USB atau kartu ekspansi USB.

Alat selanjutnya yang dibutuhkan adalah adaptor USB Bluetooth misalnya dongle USB Kinivo BTD-400 dengan harga hanya Rp.100 ribuan. Ada cara lain meski tidak praktis yaitu menggunakan slot mini PCI laptop dengan modul Bluetooth / Wi-Fi laptop.

2. Langkah Dua: Instal Dongle Bluetooth

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Jika Anda menginstal Dongle Bluetooth pada Windows 8 atau Windows 10, prosesnya sendiri cukup mudah yaitu cukup dengan mencolokkannya saja ke port USB. Sistem operasi Windows biasanya sudah menyertakan driver Bluetooth Broadcom dasar yang diperlukan oleh dongle Bluetooth itu dan akan menginstalnya secara otomatis saat mengenali perangkat baru.

Jika Anda memasangnya di versi Windows yang lebih lama, Anda harus menginstal driver Bluetooth terlebih dulu. Anda akan tahu bahwa Anda memerlukan driver jika panel Device Manager hanya menampilkan seri perangkat itu setelah Anda memasang dongle.

Anda bisa mendownload driver yang disediakan produsen dongle atau dari Broadcom. Download versi untuk sistem operasi Windows yang digunakan dan juga perhatikan versi Windows 32-bit atau 64-bit. Setelah driver terunduh jalankan installer untuk memasangnya.

3. Langkah Tiga: Sandingkan Perangkat

Kini setelah Anda memasang dongle, cara aktifkan bluetooth di laptop adalah memasangkan (pair) perangkat. Setelah memasukkan dongle (dan dengan driver yang sesuai juga sudah terpasang), ikon Bluetooth akan muncul di baki sistem Windows di bagian bawah layar.

Klik kanan ikon tersebut dan pilih “Add a Bluetooth Device” dari menu drop down. Jika Anda menggunakan Windows 8 atau 10, Anda di bagian PC and Device akan muncul menu Bluetooth. Cukup tekan tombol “Pair” untuk perangkat yang ingin Anda hubungkan.

Jika Anda menggunakan Windows 7 atau versi sebelumnya, akan terlihat ikon dengan seri dongle Bluetooth yang digunakan. Klik pada ikon itu kemudian tekan “Next.” Setelah membuat pilihan, Windows akan berkomunikasi dengan perangkat selama sekitar setengah menit karena secara otomatis menyelesaikan proses pemasangan. Setelah itu, perangkat Bluetooth sudah siap untuk digunakan!

Anda dapat mengatur perangkat Bluetooth yang baru saja terpasang itu dengan mengakses ikon Bluetooth dari baki sistem atau navigasikan di Control Panel > All Control Panel Items > Devices and Printers. Bila semuanya berjalan dengan lancar maka Anda harusnya dapat melihat dan melakukan interaksi dengan perangkat Bluetooth yang tersambung. Sekarang laptop Anda sudah memiliki konektivitas Bluetooth.

Demikianlah tips tekno kali ini tentang bagaimana Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Semua Merek dengan mudah semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

3 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Semua Merek

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format