Cara Cek Kondisi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi Dengan Pointer Location

Advertisement

Cara Cek Kondisi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi Dengan Pointer Location – Smartphone jaman sekarang mayoritas sudah menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen. Teknologi layar sentuh memang patut diakui dapat meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan smartphone.

Namun demikian, layar sentuh juga menjadi satu bagian smartphone yang paling rawan mengalami kerusakan, apalagi jika anda sering tidak sengaja menjatuhkan smartphone anda.

Advertisement

Bagi anda yang mungkin merasakan touchscreen smartphone mulai bermasalah, anda bisa cek sendiri kondisi touchscreen tidak berfungsi secara optimal tersebut dengan menggunakan fitur pointer location.

Mau tau bagaimana cara cek kondisi touchscreen tidak berfungsi secara optimal dengan fitur pointer location? Anda bisa pelajari bagaimana cara cek kondisi touchscreen tidak berfungsi selengkapnya di artikel ini.

Advertisement

Langkah-Langkah Cek Kondisi Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Fitur Pointer Location

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana caranya melakukan pengecekan layar sentuh dari smartphone anda, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu pointer location.

Pointer location merupakan satu fitur yang sebenarnya terdapat di semua smartphone android. Namun demikian, anda memang harus mengakses mode pengembang untuk bisa menemukan fitur tersebut.

Lalu bagaimana mekanisme pointer location dalam melakukan pengecekan touchscreen tidak berfungsi? Dengan menggunakan pointer location, anda bisa mengetahui dengan mudah apakah ada bagian layar sentuh yang mengalami kerusakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pengecekan touchscreen tidak berfungsi dengan menggunakan fitur pointer location di smartphone anda:

  • Masuk terlebih dahulu kedalam menu pengembang

Seperti yang sudah disebutkan, pointer location hanya bisa anda akses melalui mode pengembang. Untuk bisa masuk kedalam mode pengembang, anda hanya perlu masuk kedalam menu setting.

Setelah masuk kedalam menu setting, selanjutnya masuk kedalam menu about yang menjelaskan mengenai smartphone anda. Dari menu about, cari menu build number di dalam smartphone anda.

Tap menu build number 5 sampai 7 kali (setiap merek HP berbeda) untuk masuk kedalam menu pengembang. Dari menu pengembang, aktifkan fitur pointer location.

  • Sentuh seluruh bagian touchscreen smartphone

Setelah anda berhasil mengaktifkan fitur pointer location, selanjutnya anda hanya perlu menyentuh setiap bagian touchscreen smartphone anda.

Setiap kali menyentuh touchscreen, akan muncul garis lurus di layar smartphone anda. Munculnya garis lurus setiap kali anda menyentuh layar smartphone adalah pertanda bahwa bagian layar yang anda sentuh tersebut tidak mengalami kerusakan.

Namun jika anda menyentuh bagian touchscreen tidak berfungsi, maka tidak akan muncul garis lurus tersebut di layar anda.

Kerusakan seperti touchscreen tidak berfungsi tidak selalu terjadi secara keseluruhan. Terkadang ada touchscreen tidak berfungsi sebagian saja. Jadi fitur pointer location ini akan sangat membantu dalam melakukan pengecekan kondisi layar sentuh smartphone anda.

Lalu bagaimana jika semua layar smartphone menampilkan garis lurus ketika dicek menggunakan pointer location? Jika memang tidak ada indikasi kerusakan seperti touchscreen tidak berfungsi di smartphone anda, maka anda hanya perlu melakukan factory reset.

Kemungkinan masalah touchscreen tidak berfungsi yang anda rasakan terjadi karena virus ataupun sistem operasi smartphone yang mengalami kerusakan. Jika memang hanya disebabkan oleh masalah sistem, jelas factory reset saja sudah cukup untuk mengatasi masalah touchscreen tidak berfungsi secara optimal.

Namun jika memang ada bagian touchscreen tidak berfungsi setelah dicek menggunakan pointer location, maka solusi satu-satunya adalah dengan mengganti layar smartphone anda dengan yang baru.

Cara Cek Kondisi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi Dengan Pointer Location

Advertisement

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.