Google Form

Posted on

Google Form –  Halo sobat penulis kali ini akan berbagi sebuah artikel kali ini mengenai Google Form. Langsung saja untuk pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak berikut dibawah ini.

Pengertian Google Form

Google Form adalah suatu layanan yang tersedia dengan gratis dibuat oleh Google untuk dapat digunakan oleh para pengguna yang dapat digunakan untuk dapat membuat formulir serta kuisioner dengan cara online.

Biasanya layanan ini dengan kerap digunakan untuk melakukan sebuah penelitian skripsi untuk dapat mengumpulkan data, lalu sebagai formulir dari registrasi saat akan melamar kerja, order dengan belanja online serta masih banyak lagi. Di hari pertama sekolah, dan juga banyak orang tua serta para siswa menggunakan Google Form untuk dapat mengisi data peserta didik.

Pengguna tidak perlu khawatir akan suatu keamanan layanan ini, pasalnya dengan seluruh data yang telah dijawab secara responden melalui cara mengklik tautan Google Form maka akan secara otomatis dapat tersimpan di Google Drive.

fasilitas modern untuk dapat memudahkan akses dari  informasi. Untuk itu google membuat sebuah inovasi baru di era modern ini dengan tujuan memudahkan akses data dengan elektronik. Salah satunya yaitu melalui google Form.

Google Form atau yang lebih sering disebut dengan google formulir adalah sebuah alat yang memiliki guna untuk membantu sobat dalam merencanakan acara, mengirim kegiatan survei, memberikan siswa atau untuk pihak lain mengikuti kuis, atau dengan mengumpulkan informasi yang mudah serta dengan efisin. Form dapat dihubungkan seperti spreadsheet. Apabila spreadsheet ini terkait dengan bentuk, tanggaanpan dengan otomatis akan dikirimkan dalam spreadsheet. Jika ini tidak, pengguna akan dapat melihat mereka dalam “Ringkasan Tanggapan” halaman yang dapat diakses pada menu Tanggapan.

Salah satu alasan dari sekian banyak pengguna yng mungkin tidak pernah menyadari Google Form adalah bahwa mereka ini ditemukan bukan sebagai aplikasi yang terpisah, melainkan sebagai bagian pada Google Drive. Dengan demikian, untuk dapat membuat formulir baru, sobat harus terlebih dahulu login dari gmail atau Google Apps. Dengan Spreadsheets yang memungkinkan untuk dapat menunjukan bagaimana sobat dapat menggunakan software ini untuk kemudian mengajukan berbagai pertanyaan, termasuk pada pengguna sobat yang merespon dengan jawaban teks sederhana atau dengan respon teks lebih lanjut. Sobat dapat meminta suatu pertanyaan berupa pilihan ganda, daftar dari pertanyaan, pertanyaan dengan skala, dan masih banyak lagi jenisnya. Pada saat berbagi formulir sobat dengan orang lain, sobat akan dapat mengatur mereka untuk bagaimana tampil dengan tema yang mengesankan serta akses yang mudah.

Manfaat Google Form untuk aktifitas sehari-hari :

  • Distribusi serta tabulasi online secara real-time
  • Real time collaboration: misalnya  50 orang dapat bekerja pada satu berkas di satu waktu. Setiap ada perubahan disimpan dengan otomatis.
  • Aman: dimana menyimpan berkas penting atau dengan tugas sekolah tidak takut hilang serta tidak takut rusak dan terkena virus.

Contoh Penggunaan Google Form untuk keseharian :

  • Untuk pada kuis online, atau pada ujian online, survey performa guru, survey untuk masukan orang tua murid, formulir dengan registrasi online
  • Mendorong bagaimana paperless culture: tidak lagi akan di print-print formulir, semuanya akan dijadikan online, bahkan dengan tabulasi hasilnya pun otomatis dan telah secara online.

Cara Menggunakan Google Form

Cara untuk membuat Google Form sangat mudah serta tidak cepat, berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Pastikan sobat sudah memliliki akun Googlepada Gmail.
  2. Buka situs dari Google Form dengan menggunakan alamat https://docs.google.com/forms/. Nanti akan muncul lima template berupa formulir yang diinginkan seperti formulir Blank, Event Feedback, Order Form, JobApplication serta Time Off Request.
  3. Apabila memilai dengan Google Drive, maka sobat dapat membukanya lewat situs https://drive.google.com/spreadsheets/ ataudengan klik New yang terletak pada sudut kiri atas kemudian pilih More serta pilih Google Formulir. Di samping pilihan Google Formulir, setelah itu sobat arahkan ke panah kanan serta klik Formulir Kosong dari Template.
  4. Jika sudah memilih suatu template atau template kosong, maka sobat akan melihat judul Form atau Untitled form dengan cara klik tersebut sobat dapat membuat judul pada formulir yang akan sobat buat.
  5. Setelah itu dalam kolom Form Description buatlah sebuah deskripsi yang jelas supaya orang dapat memahami bagaimana tujuan dari formulir yang dibuat dengan menggunakan Google Form
  6. Pada bagian sesi pertanyaan, buat pertanyaan lalu pilih format jenis pertanyaan seperti Pilihan Ganda (Multiple Choice) untuk jawaban Ya, Tidak, dan lain sebagainya. Sobat juga dapat memilih Jawaban Singkat atau dengan Paragraf untuk jawaban yang benar membutuhkan deskripsi. Ada juga jawaban dengan pilihan Kotak Centang (Checkboxes) dan juga Tarik-turun (Dropdown).
  7. Untuk menambah pertanyaan, daapat dilakukan dengan klik tanda “+” di sisi bagian kanan.
  8. Untuk membuat responen dengan mengunggah file seperti pada dokumen atau foto dengan cara menambahkan fitur-fitur yang ada pada bagian kanan.
  9. Jika pertanyaan telah selesai sobat susun, klik tombol kirim yang ada di sudut kanan atas, lalu sobat bagikan link Google Form yang telah dibuat kemudian kirim pada responden yang dituju.
  10. Link Google Form ini dapat diperpendek dengan mengklik Perpendek URL dan dengan langsung Copy link tersebut.
  11. Untuk melihat hasil dari kuesioner atau formulir yang telah dibuat, sobat dapat lihat pada bagian yaitu Tanggapan yang ada di sebelah kanan bagian Pertanyaan. Sobat akan lihat berapa banyak pilihan responden yang telah merespon sobat.

Demikianlah artikel tentang Google Form. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga dapat memberikan wawasan yang lebih banyak dan selalu berkembang. Sekian artikel pada kesempatan kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

0