Google Translate

Posted on

Translate Google – Halo sobat kembali lagi penulis akan membagikan sebuah artikel kali ini akan membahas artikel mengenai tentang Translate Google. Tentu ini merupakan salah satu program yang sangat dibutuhkan bagi kita yang masih membutuhkan translate bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Untuk pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak berikut dibawah ini.

Pengertian Google Translate

Google translate atau Google Terjemahan adalah sebuah layanan untuk penerjemahan statistik dan neural machine secara gratis multibahasa yang telah dikembangkan oleh Google, untuk menerjemahkan teks dengan situs web dari satu bahasa menjadi bahasa lain.

Sejarah Google Translate

Jadi menurut detail sejarahnya, awal dari pembuatan google translate adalah saat salah satu pendiri dari Google, Sergey Brin menerima surat yang dikirim oleh seorang fans.

Seperti yang diketahui, Google sebagai perusahaan teknologi yang memang punya banyak fans dari berbagai belahan dunia.

Surat itu menggunakan bahasa Korea yang di mana tidak satupun dari mereka mengerti bahasa Korea. Brin lantas telah menerjemahkan surat itu dengan mesin penerjemah yang ia miliki pada saat itu. Sepenggal surat itu yang kemudian terdapat tulisan: “The sliced raw fish shoes it wishes. Google green onion thing!”

Brin bingung setelah membaca hasil mesin dari pembaca itu. Dari sinilah ia mendapat inspirasi untuk membuat mesin penerjemah yang dapat diandalkan, hingga akhirnya ia berhasil menciptakan Google Translate.

Dengan segenao kemampuan yang belum terlalu sempurna, Google Translate cukup sukses sehingga mengisi layanan penerjemah yang ada di dunia internet. Setelah 11 tahun digunakan, kini Google Translate pun telah dapat terintegrasi dengan secara langsung dengan produk terbaru yang ada di Google bernama Google Pixel Buds.

Manfaat Tersembunyi dari Google Translate

  1. Tidak Perlu Mengetik

Saat ini Google Translate telah dilengkapi dengan fitur perekam suara. Jadi sobat tinggal mengucapkan kata yang ingin sobat terjemahkan, dan secara otomatis mesin akan menganalisis kemudian akan mengeluarkan artinya di dalam bahasa yang sobat pilih.

  1. Menerjemahkan dengan Gambar

Selain itu, cara untuk menerjemahkan kata di Google Translate juga hanya dapat dengan memotretnya saja. Contohnya sobat sedang membaca majalah dalam bahasa Inggris, foto bagian halaman atau kalimat yang ingin sobat terjemahkan.

  1. Translate kalimat otomatis dengan sekali Tap

Semenjak beberapa waktu yang lalu, Google Translate ternyata dapat digunakan dengan lebih mudah. Sobat tidak perlu memindahkan kalimat yang sobat ingin terjemahkan ke dalam aplikasi Google Translate atau dengan sebaliknya. Tinggal sorot teks yang ingin sobat terjemahkan, maka dengan cara otomatis akan muncul tuliisan pop-up Tap to Translate.

  1. Berkomunikasi dengan orang asing menggunakan Google Translate

Dengan fitur ini sobat dapat berbicara dengan orang asing yang sobat temui di dalam program.

Cara Kerja Google Translate

Google translate ini bekerja dengan menerjemahkan seluruh bahasa kedalam bahasa Inggis lalu kemudian diubah ke bahasa tujuan yang diinginkan atau yang telah diatur sebelumnya.

Referensi bahasa yang akan digunakan oleh Google Translate adalah kosa kata yang digunakan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) serta Uni Eropa (UE).

Uniknya lagi, Google tidak mempekerjakan ahli dalam menyusun tata bahasa yang dinilai baik. Karena itu, jadi wajar jika banyak pengguna yang akan mengeluhkan kemampuan Google Translate yang dinilai buruk dalam menerjemahkan rangkaian kata sehingga menjadi kalimat.

Namun, pada November 2016, Google telah mengumumkan adanya suatu transisi sistem dari terjemahan, dari sistem lama ke dalam sistem baru. Sistem itu yang mencoba untuk membandingkan seluruh hasil penerjemahan yang telah bersumber dari sumber linguistik yang terhitung lebih luas.

Sistem itu yang berusaha memastikan keberhasilan suatu terjemahan yang mampu akan memberikan konteks dengan cara penuh ketimbang mengartikan kata dari per kata.

Cara Menggunakan Google Translate

  1. Buka situs Google Translate.Sobat dapat mengaksesnya di google.com

Google Translate bukan merupakan penerjemah yang sempurna. Sering kali terdapat struktur kalimat yang tidak diterjemahkan dengan benar, sehingga akan terlihat aneh serta tidak benar di dalam bahasa lain. Google Translate ini sebaiknya digunakan sebagai suatu panduan untuk dapat memahami konsep dasar yang mengenai sesuatu, bukan sebagai terjemahan yang sangat akurat.

  1. Salin teks yang ingin Anda terjemahkan.

Sobat dapat menyalinnya dari berbagai sumber, termasuk di dokumen serta situs web lainnya. Serta dapat juga di ketik sendiri.

  1. Rekat atau ketik teks yang akan diterjemahkan pada kolom yang ada di sebelah kiri pada laman Google Translate.Jika sobat ingin mengetik bahasa asing, carilah terlebih dahuku panduan untuk mengetik karakter dari simbol asing.

  1. Klik tombol “Handwriting” untuk dapat menggambar karakter.Tombol ini yang terlihat seperti pensil di dalam bagian bawah di bagian kolom teks. Ini sangat berguna untuk dalam tulisan non-Latin.

  1. Pilih bahasa yang akan diterjemahkan apabila Google Translate tidak dengan otomatis mendeteksi bahasa yang dinilai tepat.Sobat dapat mengeklik tombol “▼” untuk dapat melihat bahasa yang telah tersedia.

  1. Klik tombol “Ä” untuk dapatmenampilkan teks pada karakter Latin.Ini sangat penting terutama dalam bahasa non-Latin seperti pada bahasa Jepang atau Arab.

  1. Klik tombol “Listen” untuk dapat mendengar bagaimana teks yang diucapkan.Ini dapat berguna juga untuk belajar pada pronunciation yang tepat serta benar.

  1. Lihat teks yang telah diterjemahkan pada kolom yang kanan.Dengan cara otomatis, Google akan dapat menerjemahkan ke dalam apa pun yang ada di bahasa pribadi sobat. Sobat dapat memilih bahasa yang akan berbeda dengan menggunakan tombol pada bagian atas kolom.

Jika terjemahan tidak dapat berjalan otomatis terjadi, maka dapat diatasi dengan klik tombol “Translate”.

  1. Simpan terjemahan dalam Phrasebook.Phrasebook adalah kumpulan terjemahan yang telah sobat simpan untuk penggunaan pada waktu yang mendatang. Sobat dapat mengakses Phrasebook sobat dengan mengeklik tombol pada Phrasebook di bagian atas kolom yang kanan.

  1. Klik tombol “Listen” pada bagian bawah terjemahan untuk dapat mendengar pengucapannya.

  1. Perbaiki terjemahan apanila sobat melihat ada kesalahan.Klik pada tombol “Wrong?” jika sobat mendapati kesalahan. Buatlah perbaikan dengan klik tombol “Contribute”, dan hasil koreksi sobat akan diterapkan dalam Google Translate.

Demikianlah artikel dengan bahasan Google Translate. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sobat semua. Sekian sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :

0