Kinemaster

Diposting pada

Kinemaster – Sobat boredtekno.com dalam kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel yang akan membahas apa itu kegunaan daru kinemaster dan bagaimana cara kerjanya. Selengkapnya bisa sobat simak berikut dibawah ini.

Cara Menggunakan KineMaster

Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Membuat Video
Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Membuat Video

KineMaster ini sebenarnya terhitung cukup mudah untuk digunakan, tapi untuk membantu sobat lebih memahaminya dengan lebih dalam, simak beberapa langkah berikut ini.

Persiapkan Konsep dan Bahan

Ini adalah langkah yang cukup krusial, terutama untuk yang membuat video untuk baik tujuan profesional seperti untuk kebutuhan promotional video ataupun iklan.

Cari dan Instal Aplikasi KineMaster

Untuk sobat yang merupakan pengguna ponsel Android, silakan sobat cari aplikasi di Google Play Store dengan cara keyword “KineMaster”.

Begitu aplikasi ini telah terinstal, tinggal klik Open untuk sobat membuka aplikasinya.

Buat Project dan Pilih Aspek Rasio

Langkah selanjutnya, ialah dengan tap tombol di tengah untuk membuat suatu proyek baru. Lalu sobat pun disodorkan dengan tiga pilihan aspect ratio, ada 16:9, 9:16, dan 1:1.

Pilih Media yang Ingin Diedit

Pada gambar yang ada di atas, folder yang menjadi contoh pilih folder bernama “5 game choice-based PC terbaru”.

Atau, jika latar belakang ingin dijadikan sebagai suatu intro, tinggal sobat klik folder yang merupakan Background (lihat kotak 1) lalu kemudian pilihlah salah satu pilihan latar belakang paling disukai. Jika ingin mengambil atau menambahkan berbagai media dari Google Drive, tap saja dibagian folder Cloud Storage dan masukkan data yang diinginkan dalam akun sobat.

Setelah sobat berhasil memilih salah satu dari bahan, gambar atau video tersebut akan masuk juga ke dalam lembar proyek. Sobat pun bisa dengan mengulangi proses ini untuk dapat menambahkan media-media yang lainnya.

Tambahkan Layer Berupa Teks

Tentu saja selain dapat menambahkan berbagai jenismedia, sobat pun bisa menyisipkan sebuah  layer lainnya seperti adanya efek blur, teks, tulisan tangan, sticker serta ada lagu.

Tinggal klik saja bagian tombol layer serta berbagai pilihan yang akan muncul seperti adanya foto di atas. Nah, masing-masing dari jenis layer ini bisa dikustomisasi secara lebih dalam lagi.

Menambahkan Teks

Tap pada menu bertuliskan Text lalu ketikkan juga tulisan yang ingin ditambahkan. Setelah itu, tinggal sobat pilih OK dan tulisan pun akan otomatis dimasukkan ke lembar proyek

Ambil dan Tambahkan Foto dan Video

Jika lebih senang dalam improvisasi, foto serta video bisa ditambahkan secara “mendadak” dengan cara mereka memotret atau dengan cara merekam secara langsung dari berbagai aplikasi KineMaster.

Tinggal sobat klik saja simbol berbentuk shutter kamera yang kini  terletak di tengah antara menu-menu yang lainnya.

Tambahkan Transisi

Kalau sobat sudah puas menambahkan dengan berbagai macam media pada lembar proyek, sobat pun bisa memperindah berbagai video dengan menggunakan transisi.

Cara untuk menambahkannya juga akan sangat mudah. Carilah simbol yang kini berbentuk “plus” di sela-sela media lembar proyek (lihat kotak 1 di atas).

Gunakan Fitur Trim dan Split

Jika ada sebuah klip yang durasinya yang kepanjangan, atau posisinya mau untuk dipindahkan, sobat bisa menggunakan berbagai fitur trimmove, dan split.

Pertama-tama, dapat di lakukan tap pada media yang kini ingin dikustomisasi. Media tersebut akan mempunyai  outline berwarna kuning dalam lembar proyek. Kemudian, pilih menu yang ada yaitu Trim / Split.

Lalu terdapar tiga menu yang bisa sobat pilih, yakni Trim to Left of playheadTrim to right of playhead dengan Split at playhead.

Perlu untuk diketahui, istilah playhead mengacu dakam garis merah vertikal di lembar dalam proyek. Playhead ini yang menunjukkan posisi sobat saat ini di lini masa dalam durasi video.

Misalnya apabila sobat ingin memotong sebuah durasi handwriting di atas, pilihlah menu Trim to right of playhead. Hal yang juga sama diterapkan jika sobat mau menyingkirkan berbagai durasi ke sebelah kiri playhead dengan menggunakan menu Trim to left of playhead. Sementara itu, jika sobat mau membagi media kini jadi dua bagian, tinggal menggunakan menu Split at playhead.

Demikianlah pembahasan mengenai tentang kinemaster. Semoga dengan begitu bisa membantu sobat dalam menggunakan aplikasi ini ya. Selamat mencoba !

Baca Juga :

0