Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF di iOS 11

Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF di iOS 11
Nilai Anda?

Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF di iOS 11 – WWDC (World Wide Developers Conference) tahun ini cukup menarik karena Apple mengumumkan iOS terbaru v.11 yang dilengkapi dengan banyak fitur. Sistem operasi baru ini membawa banyak fitur praktis untuk perangkat Apple.

Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk menyimpan halaman web sebagai PDF file. Jika pengguna hobi membaca artikel di internet namun tidak ingin selalu terhubung ke internet, fitur ini sangat berguna. Tapi penting untuk dicatat bahwa fitur ini hanya akan tersedia di aplikasi mesin pencari default Apple Safari.

Cara menyimpan halaman web sebagai PDF file di iOS 11, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka Safari dan buka halaman web atau artikel yang ingin disimpan sebagai halaman web.

2. Setelah halaman web tersebut terbuka penuh, ketuk tombol Share di bagian bawah layar.

3. Gulir sedikit ke kanan dan sentuh ikon ‘create PDF’.

4. Setelah selesai, pengguna akan melihat halaman pratinjau file PDF dan jika sudah sesuai dengan yang dikehendaki maka tekan tombol ‘Done’ yang terletak di sudut kiri atas.

5. Segera setelah pengguna memilih ‘Done’ maka akan muncul pesan pop up berupa pilihan ‘Save file to’ dan ‘Delete PDF’. Ketuk pada pilihan pertama.

6. Di sini pengguna akan diberi pilihan untuk menyimpan file di akun iCloud atau penyimpanan iPhone.

7. Jika pengguna memilih menyimpannya ke iCloud, pengguna dapat mengakses file tersebut dari aplikasi ‘Files’ yang baru saja diperkenalkan di iOS 11.

Baca juga: 13 Masalah di iOS 11 dan Cara Mengatasinya

Fitur Create PDF ini memungkinkan pengguna menyimpan hampir semua halaman web yang ingin dibaca secara offline. Meskipun saat ini hanya tersedia di Safari, namun kemungkinan akan tersedia juga untuk Chrome atau Opera.

Dengan peluncuran iOS 11 oleh Apple diharapkan vendor ini benar-benar menarik dukungan pada aplikasi 32-bit untuk kemudian beralih ke aplikasi berbasis 64-bit. Langkah ini kabarnya akan mempengaruhi sebanyak 200.000 aplikasi di App Store.

Apple mengingatkan kepada para pengguna dan pengembang iOS agar segera beralih dari aplikasi 32-bit menjadi yang 64-bit sejak April 2017 silam. Nah, ika pengguna ingin mengecek aplikasi mana saja yang terinstal di perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch yang masih menggunakan basis 32-bit, bisa melakukannya dengan masuk ke Settings > General > About > Applications.

Di halaman ini pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang masih 32-bit dan tidak memiliki upgrade ke 64-bit. Di bagian atas halaman biasanya ada notifikasi yang tertera “These apps may slow down your iPhone and will not work with future versions of iOS, if they are not updated.

If no update is available, contact the app developer for more information.” (Aplikasi ini dapat memperlambat iPhone Anda dan tidak akan bekerja dengan versi iOS yang lebih baru, jika tidak diperbarui. Jika tidak ada pembaruan, hubungi pengembang aplikasi untuk informasi lebih lanjut). Meski Apple belum mengkonfirmasi langkah tersebut namun analis dan pengembang memastikan bahwa perusahaan ini akan mendorong aplikasi berbasis 64bit lebih agresif tahun ini.

Begitu pengguna menginstal iOS 11 mereka akan menemukan banyak pembaruan termasuk beberapa tool yang sangat berguna seperti mode keyboard satu tangan, cara baru untuk berinteraksi dengan Siri, dan bahkan kontrol AirPods baru. Berikut fitur-fitur keren iOS 11 yang harus diketahui para pengguna :

1. QR Code scanner
Pengguna perangkat iOS biasanya harus mengunduh aplikasi pihak ketiga yang kurang powerful untuk membaca kode QR. Namun kini Aplikasi kamera milik Apple akan menampilkan pemindai kode QR-nya sendiri.

2. Tidak ada lagi perangkat secara otomatis tersambung ke jaringan Wi-Fi secara sembarangan
Jika pengguna tinggal di daerah padat penduduk dengan banyak sinyal wifi, dengan fitur ini maka perangkat tak akan lagi melakukan sambungan secara otomatis meski itu berkualitas buruk. Dengan setting Auto Join terbaru, maka perangkat tak akan melakukan sambungan otomatis ke jaringan dengan kualitas sinyal yang buruk.

3. Matikan perangkat tanpa tombol pengunci
Apple dengan iOS 11 menawarkan kepada pengguna cara baru untuk mematikan perangkat mereka. Jika Lock/Wake iPhone sedang bermasalah, pengguna dapat membuka menu Settings lalu ketuk General, ketuk Shut Down dan geser slider shutdown di bagian atas layar. Jika itu tidak juga bekerja dan menahan tombol Lock pun tidak membuat perangkat menyala maka coba cas iPhone ke sumber listrik maka perangkat akan melakukan start up.

4. Kekuatan pensil
Pemilik iPad Pro yang menggunakan Apple Pencil akan menjadi lebih efisien saat bekerja. Di iOS 11 ini, mengetuk layar tablet yang terkunci dengan stylus akan secara otomatis membuka aplikasi Notes.

5. Ambil Live Photo di FaceTime
Jika ada dalam salah satu momen percakapan FaceTime pengguna yang ingin mengambil gambar, cukup ketuk tombol rana di sudut kiri bawah aplikasi pesan video. Pengguna dapat mengambil Live Photo dari kamera Mac atau iPhone orang yang berada di ujung telepon yang tersimpan di library foto. Tak perlu khawatir seseorang akan mengambil foto tanpa sepengetahuan Anda sebab akan ada pemberitahuan bahwa lawan chatting akan mengambil foto.

6. One Handed Keyboard
Sebagai pemilik iPhone berukuran jumbo para pengguna biasanya mengetik dengan dua jempol, yang jelas tidak nyaman. Fitur One Handed Keyboard yang terpasang di iOS 11 dapat ditemukan dengan menekan tombol emoji dan memilihnya dari menu. Kini mengetik dengan satu tangan bisa dilakukan secara mudah.

7. Email tulisan tangan (Handwritten Emails)
Update iOS 10 tahun lalu menambahkan kemampuan untuk mengirim teks dalam Messages dengan tulisan tangan sendiri (atau dalam bentuk apapun yang bisa ditulis di layar berukuran iPhone). Nah fitur Mail di iOS 11 menambahkan kemampuan tersebut. Cukup tekan lama di layar untuk memanggil jendela pop-up; gulir semua pilihan sampai menemukan menu Insert Drawing. Mengetuk opsi tersebut akan membawa pengguna ke halaman kosong di mana mereka bisa menggunakan pensil, pena atau spidol virtual untuk menuliskan sebuah pesan. Setelah selesai, pengguna bisa memasukkannya langsung ke badan email.

8. Efek layar baru untuk Messages
Ini bukan fitur tersembunyi, pengguna mungkin tidak tahu bahwa Apple telah menambahkan dua efek layar baru yang pertama kali diperkenalkan di iOS 10. Misalnya efek Echo dan Spotlight. Fitur Echo akan mengulangi pesan dan menampilkan teksnya melewati layar sementara Spotlight akan memberikan pencahayaan di sekitar pesan.

9. Fitur Dark Mode telah tiba
Platform iOS selalu menawarkan mode tampilan yang lebih gelap dengan invert color. Setelan Smart Invert yang baru (terdapat di Settings dengan mengetuk menu General, lalu Accessibility, lalu Display Accommodations dan kemudian Invert Colors) akan mengubah latar belakang menjadi gelap, tapi tidak mempengaruhi foto dan ikon. Fitur ini pun bekerja dengan baik di beberapa aplikasi.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF di iOS 11, semoga dapat bermanfaat untuk Anda para pembaca boredtekno.com