Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007

Posted on

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007 – Mengerjakan pembuatan sertifikat serta piagam di MS Word 2007 sangatlah gampang serta kilat.

Memanfaat template online MS Word 2007 untuk membuat desain sertifikat ataupun piagam ; serta Memakai mail merge untuk mencampurkan informasi penerima sertifikat ataupun piagam.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007

Apa itu sertifikat? Sertifikat merupakan secarik pesan sebagai identitas pengakuan kalau seorang mengerti kompetensi tertentu, sudah mengikuti suatu event, ataupun ciri kepemilikan suatu benda. Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007

Cara Membuat Sertifikat Lewat Microsoft Word 2007

Untuk membuat desain sertifikat di ms word secara instan, langkah – langkahnya berikut ini :

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Di Sharing Error 0X000006d9

Mengunduh Desain Sertifikat

Bila kamu tidak mempunyai desain untuk sertifikat, tenang saja sebab Microsoft Word mempunyai banyak sekali template yang siap kamu gunakan.

Untuk mengunduh template sertifikat, silahkan buka Microsoft Word. Setelah itu pada menu “New” serta di kotak pencarian template, silahkan ketik “certificate” dan tekan enter. Hingga template sertifikat akan keluar. Pilih salah satu yang kamu sukai.

Bila telah kamu pilih, silahkan klik “Create” buat mengunduh template sertifikat tersebut.

Mengganti Tulisan Sertifikat

Jika kamu mendownload template, mungkin dapat ditentukan isinya memakai bahasa Inggris ataupun mempunyai konten yang berbeda dari yang kamu mau. Silahkan kamu ubah perkata yang ada di deskripsinya supaya sesuai dengan kemauan.

Untuk sertifikat yang penulis buat, penulis mempunyai informasi Nama Institusi, Nama Lengkap, serta Gelar. Bila kamu perhatikan, sertifikat yang telah diganti mempunyai kolom “[nama_kolom]”.

Nah, kolom tersebut yang nantinya akan kita ganti sesuia dengan informasi yang terdapat di Excel. Setelah itu buat isi sertifikat, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ataupun lakukan seperti foto diatas.

Mempersiapkan informasi partisipan di Microsoft Excel

Seperti yang penulis katakan tadi, kamu memerlukan informasi partisipan dalam wujud Microsoft Excel supaya gampang melakukannya. Untuk itu, siapkan data – datanya.

Baca Juga : Cara Melihat Spek Laptop

Memakai Mail Merge

Untuk membuat sertifikat dengan informasi dari Microsoft Excel, kita akan memakai fitur Mail Merge yang terdapat di Microsoft Word. tahap awal, silahkan kamu seleksi tipe Mail Merge. Dalam artikel ini, penulis memakai “Letters”.

Langkah berikutnya adalah memilih resipien. Resipien yang diartikan disini merupakan sumber data – datanya. Bila kamu telah membuatnya ataupun telah mengunduhnya di artikrl ini, klik “Use an Existing List…”.

Setelah itu, carilah file Excel-nya serta klik “Open”. Bila kamu belum mempunyai informasinya, silahkan untuk di Excel ataupun mengklik “Type a New List…” Untuk buatnya langsung di Word.

Langkah berikutnya, Word akan mengetahui di Sheet berapa data – data tersebut terletak. Bila kamu cuma mempunyai satu informasi, hingga tampilannya akan seperti itu. Langsung saja klik “Ok”.

Mereferensikan kolom Excel dengan dokumen Word

Seluruh pengaturan Mail Merge telah kita lakukan di sesi tadi. Yang butuh kamu lakukan saat ini ialah merefensikan kolom yang terdapat di Excel di dokumen kamu.

Kita akan mulai mengganti “[NAMA_INSTITUSI]” supaya sesuai dengan yang terdapat di Excel. Blok kolom “[NAMA_INSTITUSI]”, setelah itu klik “Insert Merge Field”.

Pilih kolom yang cocok seperti pada foto diatas. Jalani hal ini juga kepada seluruh kolom yang terdapat di sertifikat kamu.

Bila sudah, kolom yang tadinya tertulis “[NAMA_INSTITUSI]”, akan berganti jadi “<<NAMA_INSTITUSI>>”. Pastikan kembali seluruh kolom di sertifikat kamu telah direferensikan seperti cara tadi.

Melihat Hasil Mail Merge

Bila kamu telah melakukan petunjuk diatas, mungkin sertifikat kamu telah berakhir. Untuk melihatnya preview dari sertifikat kamu, silahkan klik “Preview Results”.

Mungkin informasi semua kolom yang terdapat di sertifikat kamu akan berganti menjadi informasi yang terdapat di Excel kamu. Kamu dapat mengklik tanda panah kanan ataupun kiri buat melihat data – data yang lain.

Baca Juga : Cara Configurasi Office 2010

Jika kamu telah selesai melihat hasilnya, terdapat 3 hal yang dapat kamu lakukan :

  • Edit Individual Documents : Disini, kamu bisa mengedit satu per satu dokumen hasil dari Mail Merge. Bila informasi di Excel kamu mempunyai informasi mahasiswa sebanyak 100, mungkin sertifikat buat 100 orang tersebut akan langsung terbuat serta bisa diganti di Microsoft Word.
  • Print Documents : Mencetak salah satu dokumen ataupun semua dokumen. Pastikan tidak terdapat yang salah saay mau mencetak sertifikatnya.
  • Send Email Messages : Mengirim dokumen tersebut lewat email.

Demikianlah artikel tentang Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat Memakai MS Word 2007 dari boredtekno.com. Terima kasih dan Semoga Bermanfaat.